sign up SIGN UP

Tak Kalah dengan Saham, Ini 5 Bentuk Investasi Properti dan Keuntungannya

Dian Aprilia | Kamis, 27 May 2021 15:30 WIB
Tak Kalah dengan Saham, Ini 5 Bentuk Investasi Properti dan Keuntungannya
caption

Di balik popularitas saham yang kian melejit, investasi properti tidak kehilangan penggemarnya. Pasalnya investasi properti masih tetap menjanjikan hingga sekarang. Banyak investor yang menanamkan modalnya di bisnis properti demi menyelamatkan hartanya dari inflasi.

Keuntungan yang didapatkan dari investasi properti adalah cashflow dan capital gain. Di daerah-daerah tertentu, harga properti bisa meningkat tajam sehingga sangat menguntungkan. Namun dibalik keuntungan tersebut ada beragam risiko yang harus dihadapi, mulai dari beban perawatan, waktu lama saat menjual, penyusutan bangunan, biaya transaksi tinggi dan lainnya. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 bentuk investasi properti dan keuntungannya:

Rumah Tinggal

Rumah tinggal
Rumah tinggal/pexels.com

Investasi properti yang cukup populer dan banyak digunakan adalah rumah tinggal. Peminatnya cenderung meningkat seiring pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia. Investasi ini juga cukup menarik karena harga tanah dan bangunan cenderung selalu naik. Selain menjualnya untuk mendapatkan capital gain, kamu juga bisa menyewakannya sehingga mendapat cashflow, baik bulanan ataupun tahunan.

Namun perlu diketahui bahwa investasi rumah tinggal juga membutuhkan biaya perawatan agar bangunan selalu dalam keadaan bagus dan tidak rapuh atau bakal roboh. Usahakan memilih lokasi yang terbaik agar investasi rumah tinggal menghasilkan cuan besar.

Apartemen

Apartemen
Apartemen/pexels.com

Di era modern saat ini, sudah banyak gedung-gedung apartemen khususnya di wilayah perkotaan. Keuntungan investasi apartemen adalah lokasinya yang cukup strategis. Sebab biasanya apartemen akan dibangun di pusat kota, pusat perbelanjaan, atau dekat dengan pelayanan publik seperti kampus, rumah sakit, pasar, dan lainnya.

Untuk mendapatkan hasil sewa yang tinggi, kamu bisa meningkatkan fasilitas di apartemen. Seperti menambah furniture, AC, meningkatkan kualitas kasur dan berbagai perabotan di dalamnya.

Bangunan Komersial

Kantor
Kantor/pexels.com

Investasi bangunan komersial ialah gedung perkantoran pencakar langit di pusat kota. Biasanya harga lahannya cukup tinggi karena berada di tempat yang strategis. Bangunan komersial ini biasanya disewa atau dibangun jadi kantor pusat brand-brand besar dan ternama. Investasi ini cukup jarang dilakukan, mengingat biayanya cukup besar sehingga hanya bisa dijangkau oleh kalangan atas.

Kawasan Industri

Kawasan Industri
Kawasan industri/pexels.com

Selanjutnya, kawasan industri juga termasuk investasi yang menjanjikan. Biasanya kawasan industri ini bertempat di lokasi yang jauh dari pemukiman warga. Mengingat kawasan industri menyebabkan berbagai masalah lingkungan seperti polusi udara, polusi air dan lain sebagainya. Biasanya investasi ini akan dilirik oleh perusahaan yang memiliki pabrik atau pemerintah yang akan membangun perusahaan negara.

Ruko/Rukan

Terakhir, ruko termasuk investasi properti yang juga menuai keuntungan besar. Bangunan ini memiliki dua fungsi yang berbeda, biasanya lantai pertama sebagai kantor atau toko, sementara itu lantai kedua sebagai rumah tinggal. Ruko atau rukan ini banyak ditemui di berbagai daerah selama ada pemukiman. Biasanya investasi ruko bertujuan untuk mendapatkan uang sewa untuk cashflow atau capital gain.

Itulah 5 jenis investasi properti yang bisa jadi inspirasi investasi selain saham, deposito, emas dan lainnya. Kamu tertarik untuk investasi properti jenis apa?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id