sign up SIGN UP

LIFE

Biar Gak 'Bokek', Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Aman Jelang Lebaran

Anindya Milagsita | Senin, 26 Apr 2021 11:45 WIB
Biar Gak 'Bokek', Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Aman Jelang Lebaran
caption

Rutinitas mengelola keuangan setiap bulan mungkin terbiasa kamu lakukan selama ini, Ladies. Tapi untuk mengatur keuangan menjelang lebaran, pernahkah kamu melakukannya? Meskipun terdengar cukup sepele, keuangan yang diatur khusus saat lebaran bisa membantu kamu terhindar dari kondisi kantong kering alias bokek lho.

Rencana keuangan lebaran yang matang memberikan dampak positif bagi kamu agar tak boros dan mengalokasikannya ke hal-hal di luar kebutuhan. Lantas bagaimana mengatur keuangan yang aman saat menjelang lebaran? Yuk cari tahu tips keuangan berikut ini!

1. Menyusun Anggaran Lebaran

Membuat financial planning.
Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran/sumber: freepik.com

Sama seperti rutinitas tiap bulannya, saat lebaran disarankan juga kamu untuk tetap membuat anggaran keuangan, Ladies. Tips keuangan yang satu ini penting dilakukan agar pengeluaran enggak over budget alias bikin kantong kering. Kamu bisa membaginya ke dalam pos-pos pengeluaran dengan memerhatikan berbagai kebutuhan selama lebaran.

2. Pisahkan Gaji dan THR

Memisahkan gaji dan THR lebaran.
Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran/sumber: freepik.com

Menjelang momen lebaran enggak jarang sebagian dari kamu mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya. Menerima gaji sekaligus THR di bulan yang sama, jangan sampai cara mengelola keuangan kamu digabungkan ya, Ladies. 

Baik gaji ataupun THR bisa kamu pisahkan sesuai dengan pos pengeluaran masing-masing. Gaji bulanan bisa kamu alokasikan sesuai pengeluaran tiap bulannya. Sedangkan THR bisa kamu pakai untuk keperluan menjelang lebaran.

3. Membeli Sesuai Kebutuhan

Membeli sesuai kebutuhan.
Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran/sumber: freepik.com

Next, menjelang lebaran tentu ada banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan. Mulai dari hidangan lebaran, parsel ataupun hampers untuk orang terdekat, sampai uang fitrah untuk sanak saudara. 

Nah, agar kamu terhindar dari over budget pastikan mengatur keuangan dengan membeli keperluan lebaran sesuai yang dibutuhkan. Cek kembali anggaran belanja untuk lebaran agar bisa memilih mana yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa dikesampingkan.

4. Siapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat untuk jaga-jaga.
Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran/sumber: freepik.com

Meskipun lebaran hanya berlangsung dalam waktu yang relatif sebentar, menyiapkan dana darurat juga penting dilakukan. Tips mengatur keuangan yang satu ini bisa dilakukan dengan menyiapkan dana darurat dalam bentuk uang cash untuk menghadapi hal-hal yang tak terduga selama lebaran. Jangan lupa pertimbangkan terlebih dahulu dan cek kembali rencana keuangan saat memakai dana darurat ya, Ladies.

5. Disiplin dengan Anggaran

Disiplin dengan anggaran agar pengeluaran sesuai dengan yang direncanakan.
Tips Mengatur Keuangan Jelang Lebaran/sumber: freepik.com

Last but not least, tips keuangan menjelang lebaran yang enggak boleh dilewatkan adalah dengan disiplin dalam merealisasikan anggaran. Hal ini dilakukan agar cara mengelola keuangan kamu tak mengalami over budget, Ladies.

Skala prioritas yang juga telah ditetapkan di awal juga bisa jadi guide bagi kamu dalam membagi budget sesuai dengan pos pengeluaran lho. Selamat mencobanya ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id