sign up SIGN UP

LIFE

Bingung Gajimu Selalu Habis Sebelum Waktunya? Cari Tahu dengan Cara Ini, Yuk!

Penny Fatikasari | Jumat, 19 Jun 2020 10:00 WIB
Bingung Gajimu Selalu Habis Sebelum Waktunya? Cari Tahu dengan Cara Ini, Yuk!
caption
Jakarta -

Mengelola keuangan memang nggak semudah yang dibayangkan, padahal sudah belajar berhemat tetap saja uang seperti numpang lewat. Alhasil menjadi bingung kemana perginya gaji setiap bulannya. Alih-alih bisa bertahan hingga akhir bulan, justru saldo tabungan terkuras seketika. Padahal saat menerima upah ketika gajian merupakan momen untuk bisa selektif mengelola keuangan agar tetap aman hingga akhir bulan. Supaya gajimu enggak habis sebelum akhir bulan, coba cari tahu dengan cara ini, yuk!

Cari Tahu Menggunakan Nota Pembayaran

Cari Tahu dengan Nota Pembayaran
Nota Pembayaran/Freepik.com

Hayo siapa di sini yang berbelanja sering tidak mencatat pengeluarannya? Nah, tentu saja hal ini akan membuat mu menjadi pusing kepalang jika pengeluaranmu lebih besar daripada pendapatan yang kamu miliki. Jika kamu sering berbelanja ke departemen store atau mini market, jangan buang struk pembayarannya begitu saja, karena hal ini bisa menjadi barang bukti untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran yang telah kamu belanjakan.


Tak hanya itu, struk belanjaan dari toko-toko yang kamu kunjungi bisa kamu gunakan sebagai pembanding untuk mengetahui kebutuhan mana yang lebih besar dari toko lainnya, selain itu kamu pun bisa mengetahui komponen barang apa saja yang sebaiknya harus di kurangi untuk menekan pengeluaran yang cukup besar dalam memenuhi kebutuhanmu sehari-hari.

Kelompokkan Pengeluaran Rutin

Mengelompokan dengan Pengeluaran Rutin Harian
Kelompokan dengan Pengeluaran Rutin/Freepik.com

Nggak hanya belanja bulanan, kamu pun tentunya sering mengeluarkan uang dengan nominal tak terduga lainnya seperti untuk membeli kuota internet, biaya BBM, transportasi online, membayar air dan listrik, bahkan jajan via aplikasi online. Maka dari itu jangan lupakan biaya-biaya kecil tak terduga lainnya, karena hal ini bisa saja menjadi tolak ukur untuk mengetahui pengeluaranmu menjadi besar melebihi pendapatan yang kamu miliki.

Cek Rekening Koran

Melakukan Pengecekan Menggunakan Internet Banking dan Rekening Koran
Cek Rekening Koran/Freepik.com

Nggak hanya pembayaran tunai, kamu pun tentunya akan mengeluarkan nominal jumlah uangmu dengan bertransaksi secara online ketika dihadapi dengan situasi darurat bahkan tak memungkinkan untuk membayar secara tunai sekalipun. Jika kamu sering melakukan pembayaran secara cashless, maka kamu juga harus rutin mengecek riwayat transaksimu. Enggak mesti pergi langsung ke bank dan mengantri lama, kamu juga bisa mengecek rekening koran lewat aplikasi internet banking yang ada di smartphone. Dengan begitu kamu akan mengetahui jumlah limit pengeluaran dan pemasukan dana transaksi yang telah kamu lakukan.

Bandingan Pengeluaran dengan Pendapatan

Melakukan Perbandingan Antara Pengeluaran dan Pendapatan
Bandingkan Pengeluaran dan Pendapatan/Freepik.com

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membandingkan segala pengeluaran yang telah kamu keluarkan dengan melihat jumlah pendapatanmu. Jika pengeluaranmu lebih besar dari pendapatan yang kamu miliki, maka tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki cara finansial yang salah untuk melakukan pos pemasukan dan pengeluaran agar lebih hemat. Jika kamu masih merasa kesulitan dalam mengelola finansial, maka enggak ada salahnya untuk berkonsultasi ke finacial plan yang bisa membantumu mengelola keuangan menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id