sign up SIGN UP

LIFE

Ingin Liburan Tapi Terkendala Budget? Begini Tipsnya!

Penny Fatikasari | Selasa, 28 Jul 2020 12:00 WIB
Ingin Liburan Tapi Terkendala Budget? Begini Tipsnya!
caption
Jakarta -

Jenuh dengan segudang pekerjaan di kantor membuat mood menjadi berantakan. Wah, waktunya ambil cuti dan siap-siap liburan, eits tapi budget liburan nggak tercukupi nih? Duh, sayang sekali bukan? Pengen ambil cuti liburan malah jadi wacana dan impian, jangan mau begini terus! Yuk, atur budget liburanmu dengan tips mengatur keuangan hemat berikut ini! Eits, walaupun sudah keadaan new normal, bukan berarti kamu menghindari protokol kesehatan yang ada saat liburan ya! 

Buat Tabungan Khusus Liburan

tabungan khusus liburan
Buat Tabungan Khusus Liburan/Freepik.com

Tips mudah yang pertama buatlah tabungan khusus untuk liburan, kehidupan sehari-hari dan tabungan khusus yang enggak boleh diganggu gugat sebagai pemasukanmu. Hal ini diupayakan supaya penghasilanmu dengan post-post lainnya enggak tercampur. Jadi kamu bisa membaginya ke dalam tiga post tabungan sesuai dengan kebutuhan di atas, seperti tabungan living, saving dan playing.


Nah, khusus tabungan liburan (playing) ini enggak boleh kamu ganggu dan saat dananya sudah terkumpul kamu bisa gunakan tabungan khusus untuk liburanmu ini tanpa harus mengambil dana tabungan lainnya. Langsung deh berangkat gunakan dana liburan ini!

Kurangi Biaya Jajan

kurangi jajan
Kurangi Biaya Jajan/Freepik.com

Kamu hobi banget makan di luar atau pesan jajan makanan via ojek online? Sadar nggak, jika kamu keseringan jajan, lama kelamaan uang kamu bakalan habis dan pengeluaranmu jadi enggak terkontrol. Nah, kebiasaan ini bisa kamu tinggalkan perlahan, dan biaya jajan ini bisa dialokasikan ke biaya liburan. Hal ini berlaku juga untuk biaya shopping online, lho! Yuk, bijak menggunakan keuanganmu. Lebih utamakan yang benar-benar kamu butuhkan daripada yang kamu inginkan. Buat camilan di rumah, lebih hemat dan sehat bukan?

Ikut Mailing List atau Gunakan Promo

mailing list atau promo
Ikut Mailing List atau Promo/Freepik.com

Tips untuk atur liburanmu, kamu bisa manfaatkan mailing list atau gunakan promo pada agen travel. Biasanya situs online juga menawarkan promo menarik yang bisa buat hemat budget liburanmu, lho! Eits, jangan sampai tergiur berlebihan yang ujung-ujungnya bisa buat kamu jadi kebablasan. Manfaatkan promo ini dengan bijak dan gunakan seperlunya, yang terpenting kondisi keunganmu tetap aman dan terkendali bukan?

Manfaatkan Poin yang Ada Pada Kartu Debit

manfaatkan poin
Manfaatkan Poin pada Kartu Debit/Freepik.com

Kamu pastinya sudah memiliki kartu debit bukan? Supaya anggaranmu tetap tersimpan dengan aman, si praktis ini juga tentunya harus digunakan dengan bijak. Mulai saat ini jangan cuma digunakan untuk belanja saja. Kamu juga bisa manfaatkan poin yang ada pada kartu debitmu yang bisa ditukar dengan mendapatkan potongan harga dari makanan atau biaya travel, dengan begitu kamu pun akan lebih hemat.

Nah, itu dia beberapa tips hemat menabung untuk liburan yang bisa kamu siasati dari sekarang. Harus ada yang dikorbankan supaya kamu bisa lebih belajar hemat dan bijak terhadap alokasi danamu. Semoga bermanfaat!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id