sign up SIGN UP

LIFE

Jadi Wanita Mandiri Secara Finansial Gak Susah Kok, Begini Tipsnya!

Ade Irma Suryani | Senin, 22 Feb 2021 19:00 WIB
Jadi Wanita Mandiri Secara Finansial Gak Susah Kok, Begini Tipsnya!
Wanita Mandiri Secara Finansial/ Foto: freepik.com
Jakarta -

Sebagai wanita yang hidup di zaman modern seperti saat ini, barangkali mungkin kamu ingin bisa menjadi wanita yang mandiri secara finansial. Hal ini sendiri sendiri dikarenakan ada begitu banyak keuntungan yang bisa didapatkan seorang wanita jika bisa mandiri secara finansial. Seperti halnya bebas dalam membeli sesuatu yang diinginkan dengan uang sendiri tanpa ada perasaan segan atau merepotkan yang lain. 

Namun, apakah menjadi wanita yang mandiri secara finansial itu sulit? Tentu saja tidak, asal kamu mengetahui bagaimana caranya. Nah, untuk itu yuk simak tips berikut ini!

 

1. Memiliki Penghasilan Sendiri

Wanita yang mandiri secara finansial tentu memiliki penghasilan sendiri.
Memiliki Penghasilan/freepik.com

Untuk menjadi seorang wanita yang mandiri secara finansial, tentunya kamu harus sudah memiliki penghasilan sendiri. Ini artinya, dalam masalah ekonomi kamu sudah tidak bergantung pada orang tua atau kerabat. Dengan memiliki penghasilan sendiri, tentu hal ini akan memudahkanmu dalam memenuhi kebutuhan diri sendiri.

Kamu bisa memperoleh penghasilan dari mana saja, baik itu dari pekerjaan kantoran maupun usaha kecil. Namun, tentu akan lebih menyenangkan rasanya jika kamu bisa menghasilkan uang dari pekerjaan yang sesuai passion-mu sendiri. Dimana hal ini akan membuatmu lebih menikmati pekerjaan tanpa harus merasa jenuh.

Meskipun begitu, asal kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu dengan baik, tentu bukan masalah juga jika pekerjaan selama ini tidak sesuai dengan passion-mu. 

 

2. Bijak dalam Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan dengan bijak.
Mengelola Keuangan dengan Bijak/freepik.com

Meski kamu telah memiliki penghasilan sendiri yang mencukupi, namun hal ini akan sia-sia jika kamu tidak dapat mengatur keuangan dengan baik. Karena itu, penting bagimu untuk bisa mengelola keuangan dengan cara yang bijak. Kamu dapat membagi gaji bulanan yang ada sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Seperti halnya 40 persen untuk kebutuhan sebulan, 30 persen untuk utang jika ada, 10 persen untuk tabungan, 10 persen untuk dana darurat, dan 10 persennya lagi untuk hiburan atau sebagainya. Tentunya hal tersebut dapat kamu atur lagi sesuai kondisi keuanganmu.

 

3. Menjauhi Gaya Hidup Konsumtif

Menjauhi gaya hidup konsumtif agar sejahtera.
Perilaku Konsumtif/freepik.com

Agar bisa memiliki kondisi finansial yang sehat, tentunya kamu juga harus dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Cobalah untuk lebih mendahulukan kebutuhan secara menyeluruh sebelum keinginan.

Karena itu, penting bagimu untuk menjauhi gaya hidup yang konsumtif. Lantaran, perilaku boros tersebut akan membuat dirimu begitu mudah menghambur-hamburkan uang tanpa sadar.  

 

4. Rajin Menabung

Mulailah untuk rajin menabung.
Menabung/freepik.com

Jika ingin sejahtera dalam hal keuangan, maka kamu tidak boleh abai tentang perihal menabung. Mulailah untuk rajin menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk ditabung. Meskipun godaan di luar begitu banyak untuk mengajakmu pada perilaku boros atau konsumtif, maka ingatlah tentang kemungkinan hari-hari sulit yang akan kamu hadapi lantaran sikap boros dalam menggunakan uang. 

Karena itu, jangan habiskan seluruh penghasilanmu untuk hal-hal yang kamu inginkan dan berlebihan, namun tetap usahakan menyisih sebagian uang tersebut untuk ditabung. 

 

5. Memiliki Target

Miliki target keuangan.
Target Keuangan/freepik.com

Dalam hidup, tentunya kamu perlu memiliki target agar kehidupan lebih terarah. Begitu pun juga dengan keuangan, kamu pun perlu memiliki target keuangan. Dengan begitu, hal ini akan memudahkanmu dalam menyiapkan upaya apa saja yang perlu dilakukan dalam mencapai target tersebut. 

Seperti halnya kamu yang berkeinginan untuk bisa memiliki rumah tiga tahun lagi. Tentunya berarti dari sekarang kamu harus sudah mulai mempersiapkan strategi untuk itu. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id