sign up SIGN UP

Tidak Perlu Ngoyo, Ini 5 Cara Mudah Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Dian Aprilia | Senin, 31 May 2021 16:30 WIB
Tidak Perlu Ngoyo, Ini 5 Cara Mudah Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda
caption

Kebebasan finansial adalah kondisi saat pendapatan pasif baik dari bisnis, aset, investasi ataupun lainnya sudah melebihi pengeluaran hidupnya. Sehingga, meski sudah tidak bekerja lagi, ia tetap bisa hidup dengan layak dan bersenang-senang. Jadi kebebasan finansial tidak melulu harus jadi miliarder atau orang terkaya di dunia.

Kebebasan finansial ini sangat mungkin dicapai jika kamu terus belajar mengelola keuangan dengan baik. Tidak melulu harus ngoyo dengan bekerja seharian, kurang tidur dan lainnya yang justru akan memberikan dampak negatif pada kesehatan. Berikut beautynesia.id merangkum 5 cara mudah mencapai kebebasan finansial di usia muda:

Memiliki Rencana Keuangan

Rencana keuangan
Rencana Keuangan/pexels.com

Langkah awal ini menjadi modal penting agar sukses mengelola keuangan. Setiap orang perlu memiliki rencana keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Rencana keuangan ini terdiri dari pembuatan tujuan keuangan (dana darurat, dana pensiun, dana pendidikan anak, dan lainnya), catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan, dan rencana investasi dan menabung). Rencana keuangan ini akan menjadi pedoman kamu melangkah untuk mencapai target keuangan dan juga kebebasan finansial.

Menghapus Utang Konsumtif

Menghapus utang konsumtif
Menghapus utang konsumtif/pexels.com

Bagi kamu yang ingin mencapai kebebasan finansial maka harus berkomitmen untuk tidak melakukan utang konsumtif. Utang konsumtif adalah pinjaman yang dilakukan untuk beli barang yang nilainya kian menurun di masa depan dan tak bisa menghasilkan pemasukan. Contoh, utang untuk beli pakaian, beli barang-barang branded, jalan-jalan dan lainnya.

Hindari juga pemakaian kartu kredit atau pay later untuk utang konsumtif. Sehingga jika ingin membeli barang tertentu, kamu perlu menabung dan baru membelinya saat tabungan tersebut cukup. Hal ini akan membantumu untuk menghilangkan pengeluaran yang tidak penting dan tidak mendesak.  

Memiliki Dana Darurat

Dana darurat
Dana darurat/pexels.com

Sebelum raih kebebasan finansial, kamu harus memastikan sudah memiliki dana darurat. Sebab dana darurat ini bak benteng keuangan tang akan jadi cadangan dana utama saat mengalami kesulitan, musibah, atau masalah. Jika tidak memiliki dana darurat, maka akan membuat peluang utangmu semakin tinggi. Kamu bisa mulai menabung dana darurat minim 3 kali pengeluaran per bulan hingga 12 kali pengeluaran per bulan.

Berinvestasi

Berinvestasi
Berinvestasi/pexels.com

Setelah dana darurat siap, maka kamu perlu mulai merencanakan investasi. Ada berbagai investasi yang bisa kamu pilih, seperti emas, tanah, bangunan, deposito, reksadana, saham, properti dan lain sebagainya.

Sebaiknya sebelum investasi, kamu perlu mempelajari dulu mengenai kelebihan dan kekurangannya. Kemudian, sesuaikan juga dengan kondisi dan kemampuan finansialmu. Jangan mudah terpengaruh dengan bujukan orang lain, sebab setiap orang memiliki tujuan keuangan dan kondisi keuangan yang berbeda-beda.

Membeli Aset yang Dapat Memberikan Passive Income

Aset passive income
Aset passive income/pexels.com

Selain investasi, kamu juga bisa membeli aset-aset yang bisa mendatangkan passive income seperti membeli rumah, kendaraan, kos-kosan dan lainnya. Barang-barang tersebut bisa disewakan dan menghasilkan uang. Jika asetmu sudah banyak, bukan tidak mungkin lagi jika kamu bisa bersantai di rumah dan tetap mendapatkan penghasilan yang melimpah.

Itulah 5 cara mudah untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda. Kamu sudah sampai di tahap yang mana?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id