sign up SIGN UP

Invest Smart! 5 Jenis Investasi untuk Para Milenial yang Baru Bekerja

Cynthia Claudia | Kamis, 03 Jun 2021 19:00 WIB
Invest Smart! 5 Jenis Investasi untuk Para Milenial yang Baru Bekerja
caption

Siapa yang tidak kenal generasi milenial? Generasi milenial yang berkembang di era digital merupakan generasi yang konsumtif, melek teknologi, mengutamakan yang serba cepat dan instan, dan cenderung berpikiran terbuka.  Karena alasan ini, market mana pun berlomba-lomba untuk menjangkau kaum milenial sebagai konsumen mereka. Milenial berpotensi untuk dijangkau pasarnya karena sesuai dengan riset Statista, 25.8% populasi di Indonesia adalah kaum milenial.  

Di era digital di mana informasi sangat mudah untuk dicari, sekarang sudah tidak zaman lagi milenial hanya foya-foya di waktu luang. Sebagai milenial yang work hard and also play hard, kalian juga harus melek dengan yang namanya investasi!

Riset pasar modal Indonesia menunjukkan bahwa 70% investor pasar modal merupakan generasi milenial! Penemuan ini menunjukkan bahwa generasi milenial merupakan generasi yang paling berpotensi untuk dijadikan sasaran investasi keuangan.

Jenis-jenis investasi di pasar modal sangat beragam. Bagi kalian para milenial yang ingin mulai belajar investasi tetapi bingung mulai dari mana, kamu bisa coba investasi di 5 instrumen berikut dengan modal yang minim:

1. Emas

Ilustrasi Emas
Ilustrasi Emas/ sumber: freepik.com

Investasi emas sudah dilakukan sejak jaman dahulu oleh leluhur dan orang tua kita, serta diturun-temurunkan. Investasi emas minim resikonya karena harganya yang menjanjikan dan tahan terhadap fluktuasi jika kondisi ekonomi sedang buruk, contohnya di masa pandemi seperti sekarang.

Cara investasi emas bisa secara digital melalui platform online yang terpercaya. Namun, dikutip oleh Detik.com, sebelum kalian mau mulai investasi emas, hal-hal yang harus diperhatikan adalah memperhatikan aspek legalitas serta memahami regulator yang menaungi, tidak tergiur dengan imbal hasil yang tidak wajar, dan mempelajari syarat dan ketentuan investasinya.

2. Saham

Pergerakan Saham
Pergerakan Saham/ sumber: freepik.com

Saham merupakan satuan nilai yang mengacu pada kepemilikan perusahaan. Dengan kata lain, ketika kamu membeli saham suatu perusahaan, berarti kamu menanamkan modalmu ke perusahaan dan kamu akan mendapatkan keuntungan dari kinerja operasional perusahaan yang baik sesuai dengan kontribusi modalmu atau jumlah saham yang dibeli.

Investasi saham memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya karena kamu bisa rugi jika kinerja perusahaan memburuk. Namun, modal untuk mulai investasi saham juga kecil, kamu bisa membeli saham di bursa saham dengan modal mulai dari Rp100.000,00.

Cara investasi saham juga cukup mudah, kamu bisa mendaftarkan diri di sekuritas terdekat terlebih dahulu.

3. Reksadana

Ilustrasi Alokasi Dana ke Aset/
Ilustrasi Alokasi Dana ke Aset/ sumber: freepik.com

Reksadana merupakan instrumen investasi yang paling mudah karena terdapat Manajer Investasi yang akan membantumu dalam alokasi dana ke aset sehingga kamu tidak perlu memantau perkembangannya. Berbeda dengan investasi saham, dimana kamu harus sering memantau pergerakan market dan membuat keputusan untuk alokasi dana.

Keunggulan investasi di reksadana adalah modalnya yang kecil dan bisa dimulai dari Rp100.000,00 sehingga keuntungan dari instrumen ini juga tidak sebesar investasi lainnya. Selain itu, kamu juga bebas menarik dana yang sudah diinvestasikan tanpa harus menunggu masa jatuh tempo.

4. Obligasi Pemerintah

Ilustrasi Obligasi
Ilustrasi Obligasi/ sumber: freepik.com

Ada macam-macam jenis obligasi pemerintah yaitu Sukuk Ritel, Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan, dan Saving Bond Ritel (SBR). Pembelian obligasi pemerintah dimulai dari Rp1.000.000,00. 

Investasi ini patut dipertimbangkan karena imbal baliknya lebih besar daripada bunga deposito dan pajak yang dibayar juga lebih kecil. Selain itu, dana dari investasi juga bisa dicairkan kapan saja di saat membutuhkan mulai dari bulan kedua sesuai dengan jenisnya, sebagai contohnya adalah seri ORI 17.

5. Cryptocurrency

Cryptocurrency
Cryptocurrency/ sumber: freepik.com

Tren investasi cryptocurrency yang sekarang memang lagi naik daun membuat banyak generasi milenial membanjiri investasi tersebut. Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang digunakan untuk bertransaksi secara online melalui jaringan internet.

Di Indonesia, regulasi transaksi cryptocurrency telah diatur melalui kebijakan Bappebti sehingga aman. Layaknya seperti bertransaksi valuta asing (valas) pada umumnya, cryptocurrency juga bersifat lebih fluktuatif dan masih diperdebatkan apakah ada fundamental yang mendasari harga mata uang digital tersebut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id