sign up SIGN UP

LIFE

Sering Gak Disadari, Ternyata 5 Pengeluaran Belanja Ini Bikin Mubazir!

Anindya Milagsita | Minggu, 02 May 2021 02:35 WIB
Sering Gak Disadari, Ternyata 5 Pengeluaran Belanja Ini Bikin Mubazir!
caption

Ladies, adakah di antara kamu yang seringkali kalap saat belanja? Fenomena yang satu ini hampir dialami oleh sebagian besar wanita lho. Terlebih saat ada diskon dan juga promo lain yang menarik, pasti susah buat enggak tergoda belanja. 

Tapi ternyata dibalik kebiasaan ini, ada sebagian belanjaan yang berujung mubazir. Lalu apa sajakah pengeluaran belanja yang justru bikin boros dan mubazir? Yuk cari tahu lewat artikel berikut!

Tambah Belanja Demi Free Ongkir

Menambah belanjaan demi mendapatkan ongkos kirim.
Pengeluaran Belanja Mubazir/sumber: freepik.com

Buat kamu yang sering belanja online, tentu enggak asing lagi dengan promo free ongkos kirim (ongkir). Promo ini sebagian besar ditawarkan oleh pihak marketplace untuk menarik hati pembeli. Nah, pernahkah kamu ada dikondisi sengaja menambah belanjaan hanya untuk dapat free ongkir, Ladies? Kebiasaan belanja yang satu ini bisa berujung mubazir lho. 

Terlebih kalau pilihan 'tambahan belanjaan' kamu ini di luar prioritas pengeluaran. Untuk itu penting dilakukannya financial planning agar kamu enggak mengalami pemborosan saat belanja online.

Tambah Belanja Demi Voucher Cashback

Menambah jumlah belanjaan demi cashback.
Pengeluaran Belanja yang Mubazir/sumber: freepik.com

Kalau tadi sengaja menambah belanjaan demi free ongkir, kali ini ada yang dirasa lebih menarik lho. Sebagian wanita memilih buat tambah belanja demi cashback. Ada sebagian marketplace yang menawarkan promo cashback. 

Jangan sampai momen ini justru kamu jadikan sebagai alasan buat membeli barang-barang di luar kebutuhan hanya demi mendapatkan cashback ya. Karena dikhawatirkan akan berujung mubazir nantinya.

Tergiur Event Belanja Online

Tergiur event belanja online dan berujung membelanjakan hal-hal yang tak perlu.
Pengeluaran Belanja yang Mubazir/sumber: freepik.com/

Masih seputar belanja online, tentu kamu pernah menemui event-event dengan banyak promo menarik. Momen ini harus kamu sikapi dengan bijak, Ladies.

Jangan sampai kamu tak pernah melewatkan event belanja online hanya untuk membeli barang-barang yang enggak dibutuhkan. Kembali lagi cek skala prioritas dan kebutuhan apa saja yang harus kamu penuhi. 

Rutin Beli Produk Skincare Baru

Membeli produk skincare baru secara berulang dan melupakan skincare lama.
Pengeluaran Belanja yang Mubazir/sumber: freepik.com/

Kebiasaan belanja yang satu ini bisa terjadi secara online ataupun offline, Ladies. Kalau kamu punya kecenderungan suka update produk skincare terbaru secara terus-menerus, sebaiknya mulai dikurangi kebiasaan ini. Khawatir akan jadi mubazir saat kamu menambah produk-produk skincare baru dan cenderung mengabaikan produk lama. 

[Gambas:Instagram]

Pilih Produk Murah Tanpa Cek Kualitas

Membeli barang murah tanpa cek kualitas termasuk mubazir.
Pengeluaran Belanja yang Mubazir/sumber: freepik.com/

Last but not least, kebiasaan belanja yang satu ini juga tentu pernah kamu alami, Ladies. Membeli produk dengan harga murah tanpa memikirkan kualitas sama saja masuk dalam pengeluaran belanja mubazir lho. Apalagi kalau kamu dapat harga murah tapi kondisi produk cepat rusak.

Ini bisa berlaku pada produk apa saja seperti tas, sepatu, busana, alat rumah tangga, dan barang-barang lainnya. Bukannya hemat, kamu bisa mengalami pemborosan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id