sign up SIGN UP

LIFE

Tips Bijak Membeli Barang Supaya Kantong Gak Jebol!

Penny Fatikasari | Sabtu, 25 Jul 2020 09:30 WIB
Tips Bijak Membeli Barang Supaya Kantong Gak Jebol!
caption

Sudah tanggal muda nih! Biasanya akan ada saja kebutuhan dan keinginan tak terduga di depan mata menarik untuk dibeli. Tak jarang kebutuhan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya bisa saja terlewatkan, bahkan akan ada banyak kebutuhan tak terduga lainnya yang sebenarnya nggak penting-penting banget justru kamu beli.

Duh, hati-hati ya Ladies! Bisa-bisa kamu menjadi pribadi yang boros dan susah untuk menabung, lho! Untuk meminimalisir agar tidak menjadi pribadi yang konsumtif, berikut tips bijak membeli barang supaya keungan aman sentosa dan enggak boros, simak yuk!

Jangan Mudah Tergoda dengan Rayuan Si Penjual

jangan muah tergoda dengan si penjual
Jangan Mudah Tergoda dengan Rayuan Si Penjual/Freepik.com

Pernah enggak pada saat kamu melewati sebuah store di mal atau beberapa pusat perbelanjaan di berhentikan oleh penjual atau sales yang sedang menawarkan barangnya? Dengan strategi yang ditawarkan akan menghipnotismu untuk membeli apa yang sedang ia promosikan.


Niatnya sih cuma lihat-lihat saja tapi malah jadi membeli produk tersebut. Nah, sebelum membeli pertimbangkan terlebih dahulu ya. Jika kamu enggak membutuhkannya tak ada salahnya menolak dengan halus.

Jangan Tergoda Promo Harga Murah

jangan tergoda promo murah
Jangan Tergoda Promo Harga Murah/Freepik.com

Melihat promo di TV dan e-commerce memang menggoda, kapan lagi ada cashback besar-besaran dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia? Sepertinya hal tersebut wajar-wajar saja dan nggak boleh terlewatkan, akan tetapi pastikan kamu sudah membagi post-post pengeluranmu sebelum berbelanja?

Untuk meminimalisir kebiasaan boros tentunya kamu juga bijak berbelanja. Meskipun harganya murah, pastikan kembali barang tersebut dibutuhkan untuk jangka panjang. Jangan sampai barang dengan harga murah yang kamu beli banyak justru enggak terpakai dan uangmu terbuang percuma, ya Ladies?

Jangan Berbelanja Saat Sedang Emosi

jangan belanja saat emosi
Jangan Berbelanja Saat Sedang Emosi/Freepik.com

Yup! Sebenarnya enggak ada salahnya jika berbelanja dapat menghilangkan stres. Justru berbelanja juga bisa mengubah mood seseorang menjadi lebih baik bukan? Akan tetapi beda halnya jika kamu melampiaskan emosimu saat  berbelanja dan menghambur-hamburkan uang semau kamu.

Ketika kamu sedang berada dalam fase dan kondisi yang tidak baik seperti merasa  kesal, marah atau emosi yang berlebihan akan membuat kamu untuk bertindak seenaknya, walaupun niatnya hanya untuk menghilangkan stres justru akan membuatmu menjadi pribadi yang implusif.

Nah, untuk mengatasinya cobalah tenangkan pikiran dan hatimu terlebih dahulu, kemudian carilah waktu yang tepat untuk berbelanja secukupnya supaya enggak membuat dompetmu menjerit dan kamu pun bisa tetap merasa aman dan bahagia saat berbelanja.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id