sign up SIGN UP

LIFE

Tips Hemat Mengatur Keuangan untuk Anak Rantau

Penny Fatikasari | Rabu, 09 Sep 2020 17:00 WIB
Tips Hemat Mengatur Keuangan untuk Anak Rantau
caption
Jakarta -

Bagi kamu anak rantau yang berusaha berhemat dalam mengelola keuangan dan jauh dari keluarga, maka kamu dituntut untuk lebih mandiri dan bijak dalam mengelola keuangan. Jangan sampai mengabaikan hal-hal yang menjadi prioritas seperti membayar sewa kos-kosan, membayar tagihan listrik, air maupun TV kabel bulanan juga harus kamu perhatikan. Jangan mudah tergoda dengan rayuan yang bisa membuat keuanganmu menjadi menipis. Alhasil uang bulanan untukmu bertahan akan terkuras sia-sia di tengah jalan. Berikut tips mengatur keuangan untuk anak rantau yang bisa kamu lakukan.

Pilih Tempat Tinggal yang Nyaman dan Ramah di Kantong

pilih tempat tinggal yang nyaman dan ramah dikantong
Pilih Tempat Tinggal yang Nyaman/Freepik.com

Sebagai anak rantau sebaiknya usahakan untuk bisa bertahan di tempat tinggal atau hunian yang nyaman namun ramah di kantong. Pasalnya, sebagai anak rantau pun kamu dapat mengeluarkan sebanyak kurang lebih 30% penghasilan bulanan baik dari biaya kiriman rutin bulanan atau penghasilan dari pendapatan kerjamu. Jika masih memiliki sisa dari sewa hunian maka uang tersebut pun masih bisa kamu tabung untuk kebutuhanmu lainnya.


Atur Biaya Sesuai Pos-pos Pengeluaran

atur biaya sesuai pos pengeluaran
Atur Biaya Sesuai Pos Pengeluaran/Freepik.com

Sebenarnya enggak ada yang salah jika kamu bisa mengelola keuanganmu dengan baik, kamu pun bisa berbelanja bulanan dan menikmati hasil kerja kerasmu untuk membeli apa yang kamu mau. Namun, sebagai anak rantau yang hidup mandiri dan jauh dari sanak saudara, hendaknya kamu bisa membagi pos-pos pengeluaran sesuai dengan kebutuhanmu. Tak hanya itu kamu pun bisa menyisihkan sebagian uang bulanan atau pendapatanmu untuk ditabung.

Selalu Siapkan Dana Darurat

siapkan dana darurat
Selalu Siapkan Dana Darurat/Freepik.com

Dana darurat tentunya sangat bermanfaat bagi seseorang terutama digunakan dalam kondisi mendesak. Nggak hanya itu, dana darurat juga dapat meminimalisir terjadinya perasaan cemas, khawatir, pada diri seseorang ketika dihadapi dengan masalah bahkan musibah sekalipun. Begitu halnya dengan dirimu yang bertahan hidup jauh dari keluarga.

Kebutuhan akan dana darurat tentunya juga muncul tiba-tiba tanpa kita ketahui sebelumnya. Maka dari itu, persiapkanlah dana daruratmu mulai sekarang karena musibah dan kondisi mendesak tidak akan menunggu mu siap bahkan menunda-nunda keberadaannya. Selain itu, kamu pun dapat mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan sepenuhnya untuk dialihkan pada dana darurat supaya dana tersebut dapat bermanfaat untuk kemudian harinya.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id