sign up SIGN UP

LIFE

4 Rekomendasi Minuman yang Ampuh Tingkatkan Kualitas Tidur

Neysa Alicia | Kamis, 22 Jul 2021 21:30 WIB
4 Rekomendasi Minuman yang Ampuh Tingkatkan Kualitas Tidur
Foto: 4 Rekomendasi Minuman yang Ampuh Tingkatkan Kualitas Tidur/Pexels.com/ketut subiyanto

Gangguan tidur atau insomnia menjadi masalah umum yang dialami banyak orang, dan terkadang sulit diatasi. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tidur seseorang, seperti stres, tuntutan pekerjaan yang mengharuskan bergadang, dan sebagainya.

Jika masalah ini dibiarkan, tubuh kamu bisa lebih rentan terkena penyakit. Untuk mengatasi gangguan tidur, kamu bisa mengonsumsi berbagai macam minuman di bawah ini, seperti yang dilansir dari detikfood. Tentunya minuman ini jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat tidur. 

1. Teh Chamomile

Chamomile Tea / foto: freeimages.com/ChamillewhiteChamomile Tea / foto: freeimages.com/Chamillewhite

Selain menyehatkan tubuh dan mampu mencegah berbagai penyakit, teh chamomile juga dikenal sangat efektif sebagai minuman herbal untuk memperbaiki kualitas tidur. Teh chamomile memiliki senyawa apigenin yang mampu melawan rasa cemas, dan antioksidan yang bisa membuat tubuh merasa rileks serta melawan radikal bebas.

Kombinasi antara kedua senyawa ini yang membantu kita bisa lebih nyenyak ketika tidur, setelah mengonsumsi teh chamomile. Tidak hanya itu, teh chamomile juga dapat meredakan stress, loh!

2. Susu

Fresh Milk / foto: freeimages.com/Nataya SawedditFresh Milk / foto: freeimages.com/Nataya Saweddit

Minum susu sebelum tidur merupakan kebiasaan yang paling umum dilakukan oleh anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa, mengonsumsi susu biasa dilakukan pada pagi hari ketika sarapan.

Namun siapa bilang kalau minum susu sebelum tidur hanya bagus dilakukan oleh anak kecil saja? Susu memiliki kandungan triptofan, yaitu senyawa asam amino yang jika bekerja dengan kalsium dalam susu, dapat mengundang rasa kantuk pada seseorang. Selain itu, minum segelas susu hangat sebelum tidur dapat merileksasikan tubuh dan pikiran, sehingga tubuh merasa lebih rileks. 

3. Air Kelapa Hijau

Coconut Water / foto: freeimages.com/PeopleimagesCoconut Water / foto: freeimages.com/Peopleimages/ Foto: Neysa Alicia

Air kelapa hijau selama ini dikenal sebagai minuman segar, yang dapat dijadikan sebagai alternatif minuman berenergi pengganti cairan tubuh, terutama setelah melakukan olahraga berat. Ternyata, tidak banyak orang yang tahu kalau air kelapa hijau juga bisa membantu mengurangi masalah gangguan tidur atau insomnia.

Air kelapa hijau mengandung potasium dan magnesium yang tinggi. Kedua kandungan ini berperan dalam membuat tubuh menjadi rileks, sehingga bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, air kelapa hijau juga bisa meningkatkan imun tubuh.

4. Susu Almond

Almond Milk salah satu minuman yang ampuh atasi masalah insomnia / foto: freeimages.com/MintrAlmond Milk / foto: freeimages.com/Mintr/ Foto: Neysa Alicia

Susu terdiri dari berbagai jenis yang juga memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh. Selain susu sapi biasa, ada susu lain yang mampu mengatasi insomnia, yaitu susu almond. Di dalam susu almond mengandung minyak violet yang berasal dari almond utuh itu sendiri. Kandungan ini yang berperan dalam meningkatkan kualitas tidur seseorang. 

itu dia cara mengatasi insomnia untuk meningkatkan kualitas tidur. Jangan lupa mengkonsumsi minuman untuk insomnia di atas ya, Beauties! Selain enak ternyata juga mendatangkan banyak manfaat baiknya. Selamat mencoba!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id