sign up SIGN UP

LIFE

Tanda-tanda Kamu Sedang Lelah Mental, Segera Minta Bantuan Ahli!

Dian Aprilia | Minggu, 18 Jul 2021 20:00 WIB
Tanda-tanda Kamu Sedang Lelah Mental, Segera Minta Bantuan Ahli!
caption

Pernahkah kamu merasa tidak lagi produktif atau susah tidur meski ingin tidur dan lelah? Hal ini bisa menjadi ciri awal kamu mengalami lelah mental. Lelah mental adalah kondisi di mana seseorang merasa kelelahan secara emosional baik karena masalah internal atau eksternal.

Apabila kamu mengalami lelah mental selama 2 minggu berturut-turut, sebaiknya segera periksakan diri ke ahli agar mendapatkan solusi. Berikut beautynesia.id telah merangkum tanda-tanda kamu sedang lelah mental dan perlu segera minta bantuan ahli:

Motivasi Anjlok

Lelah mental
Lelah mental/pexels.com/Andrea Piacquadio

Tanda-tanda kamu sedang lelah mental adalah motivasi anjlok drastis. Hal ini kerap ditandai dengan kerjaan tidak selesai, hasil kerja yang memburuk, banyak menunda pekerjaan penting, dan lainnya. Jika kamu mengalami kondisi ini, cobalah untuk beristirahat sejenak, jangan memaksa diri saat motivasi anjlok.

Cobalah untuk mencari inspirasi dan motivasi dari internal ataupun eksternal. Cara ini dianggap ampuh untuk membangun kesehatan mental yang lebih terjaga. Kamu juga bisa melakukan hobi atau minatmu untuk sementara waktu.

Gampang Kesal

Tanda-tanda sedang lelah mental selanjutnya adalah mudah kesal dan tersinggung. Hal ini biasanya dipicu dengan kegagalan dan ketidakmampuan di masa lalu. Akibatnya, kamu memilih untuk menghindari hubungan dengan orang lain sebab tak ingin mengalami kegagalan yang sama.

Saat terpaksa menjalin hubungan dengan orang lain, kamu jadi mudah jengkel meski orang lain tidak melakukan salah. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa kesehatan mentalmu terganggu.

Sering Cemas

Lelah mental
Lelah mental/pexels.com/RODNAE Productions

Selanjutnya, tanda-tanda sedang lelah mental bisa ditunjukkan dengan perasaan stres yang lebih dari biasanya. Kamu mudah mengalami kecemasan bahkan di setiap jam atau waktu. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mentalmu.  

Jam Tidur Kacau

Tanda-tanda sedang lelah mental selanjutnya adalah jam tidur kacau. Jam tidur yang kacau ini bisa dikarenakan insomnia atau hipersomnia. Lelah mental bisa bikin kamu susah tenang, mudah merasa insecure, overthinking dan ujungnya bikin susah tidur. Jam tidur yang berantakan bisa mempengaruhi stamina fisik dan kesehatan jiwa.

Sulit Konsentrasi

Lelah mental
lelah mental/pexels.com/KristopherK

Pernahkah kamu berpikir ke banyak hal dalam sekali waktu? Padahal, saat itu kamu sedang bekerja, rapat, ibadah atau mengerjakan hal penting lainnya. Sulit konsentrasi juga bisa menjadi ciri-ciri sedang lelah mental. Jika dibiarkan terus menerus, hal ini bisa mengganggu kesehatan jiwa.

Lelah Fisik Berkepanjangan

Terakhir, tanda-tanda lelah mental bisa ditunjukkan dengan lelah fisik secara berkepanjangan. Istirahat cukup dan makan teratur bahkan tidak memberikan dampak signifikan terhadap rasa lelah fisik tersebut. Hal ini juga termasuk tanda-tanda yang mengganggu kesehatan jiwa.

Itulah 6 tanda-tanda kamu sedang mengalami lelah mental. Jika mengalaminya selama 2minggu berturut-turut dan belum menemukan solusi, sebaiknya segera kunjungi ahli.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id