sign up SIGN UP

LIFE

4 Resep Olahan Kentang Enak dan Mengenyangkan untuk Sahur

Diyah Wulandini | Selasa, 27 Apr 2021 02:30 WIB
4 Resep Olahan Kentang Enak dan Mengenyangkan untuk Sahur
caption

Meski dilanda kantuk dini hari, sahur merupakan momen paling enggak bisa dilewatkan ketika bulan ramadan. Karena kamu harus siap-siap menjalani puasa dengan lemah dan lesu kalau enggan bangun demi sekadar menyantap makanan.

Nah, Ladies ada referensi menu sahur enak dari olahan kentang yang siap menemani dini hari kamu. Dijamin menu yang enggak itu-itu saja bisa membangkitkan selera makanmu. Apalagi kentang yang kaya karbohidrat bisa banget buat diandalkan.

Lewat menu yang simple ini dijamin kamu enggak akan kerepotan membuat olahan ketika mata masih ngantuk-ngantuknya. Yuk, intip resep sahur dari olahan kentang yang enak sekaligus mengenyangkan!

Perkedel Kentang

Menu sederhana ini enggak perlu memakan banyak waktu agar kamu bisa menyiapkan sahur yang enak dan efisien.
Perkedel Kentang/pinterest.com/ekomalang

Olahan kentang satu ini tentu sudah enggak asing di telinga. Perkedel kentang bisa dengan mudah kamu buat hanya dengan mengandalkan 500 gram kentang, 1 butir telur, 3 sendok terigu, bawang merah dan bawang putih secukupnya, garam, lada, dan sayur sesuai selera.

Kentang yang sudah direbus matang bisa dicampur dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan terigu untuk membuatnya menjadi adonan. Bentuk kecil-kecil sesuai selera kamu dan goreng pada minyak panas. Simple banget, kan, Ladies?

Potato Wedges

Olahan yang penuh nutrisi baik di dalamnya satu ini bisa mengenyangkan perut kamu selama berpuasa seharian penuh.
Potato Wedges/pinterest.com/adekingg

Cara membuat potato wedges memang segampang kelihatannya. Resep olahan kentang satu ini pasti ramah banget buat mata kamu yang masih setengah sadar. Siapkan 3 buah kentang, air dan tepung bumbu secukupnya, garam, dan peterselli sesuai selera kamu.

Kamu bisa memotong kentang yang sudah dicuci bersih menjadi 8 bagian agar enggak terlalu tebal ketika dikonsumsi. Rebus dengan garam sampai sedikit lunak dan celupkan pada tepung bumbu. Langkah terakhir hanya menggorengnya sampai kering.

Kamu bisa menambahkan saus sambal atau pelengkap lainnya, ya, Ladies. Meski caranya simple banget dipastikan rasanya yang lezat bakal memikat lidah kamu. Enggak perlu kaget kalau besok ingin memasaknya lagi.

Tater Tots

Selain digunakan sebagai camilan, tater tots juga enggak kalah enak dan mengenyangkan untuk menu sahur di rumah.
Tater Tots/pinterest.com/farmersalmanac

Tater tots bisa menjadi menu andalan yang enggak kalah mengenyangkan. Meski ukurannya kecil, enggak perlu diragukan, ya. Kalau masih kurang bisa kok menambahnya sebagai lauk nasi ketika sahur.

Sebelum mulai memasak, siapkan 500 gram kentang, 1 butir telur, setengah sendok merica bubuk, setengah sendok garam, setengah sendok bawang putih bubuk, 2 sendok tepung terigu, tepung roti secukupnya, dan keju parut secukupnya.

Potong dadu kentang yang sudah dikupas untuk dikukus. Kamu bisa menghancurkannya dengan garpu ketika sudah matang, lalu campurkan bahan lainnya sampai merata. Guling-gulingkan adonan pada tepung terigu dan tepung roti, kemudian goreng sampai menguning.

Creamy Mashed Potato

Selain rasanya yang lezat, olahan kentang satu ini sudah pasti mengenyangkan sebagai menu sahur.
Creamy Mashed Potato/pinterest.com/chefnotrequired

Kamu hanya membutuhkan sebuah kentang, susu cair secukupnya, garam, lada bubuk, kaldu bubuk, dan margarin. Kalau kurang suka cita rasa asin bisa menambahkan gula sesuai selera, ya, Ladies.

Rebus kentang sampai empuk, lalu hancurkan. Tumis pada teflon yang sudah diolesi margarin dan tuangkan susu cair sampai mendidih. Tambahkan garam, lada bubuk, kaldu bubuk, dan gula, lalu aduk merata sampai teksturnya mengental. Creamy mashed potato siap disajikan!

Sudah kepikiran besok niat mencoba resep yang mana? Karbohidrat tinggi dalam kentang bisa kamu sejajarkan perannya dengan nasi, Ladies. Bisa dijamin puasamu tetap lancar tanpa merasakan lapar di tengah hari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id