sign up SIGN UP

LIFE

5 Lauk Praktis untuk Kamu yang Malas Masak Sahur

tjitradewi | Senin, 26 Apr 2021 02:30 WIB
5 Lauk Praktis untuk Kamu yang Malas Masak Sahur
caption

Tak terasa puasa ramadan sudah berlalu setengahnya. Bukan hal mengherankan jika makin mendekati lebaran, sahur pun mulai banyak terlewati. Ada beberapa alasan mulai dari rasa kantuk yang tak tertahankan hingga sudah tak ada energi untuk memasak atau menyiapkan sahur.

Berikut rekomendasi lauk praktis tinggal tabur untuk menemani sahurmu di setengah puasa terakhir. Lauk ini sangat praktis dan biasanya awet hingga lebih dari dua minggu di suhu ruang, asal disimpan di wadah kedap udara. Apa saja? Yuk simak selengkapnya!

1. Kering Tempe

Kering tempe
Kering tempe (Instagran.con/resep_ibu_mertua)

Kering tempe adalah salah satu makanan yang bisa kamu stok di rumah untuk menemani sahur. Biasanya kering tempe juga berisi kacang atau teri, tergantung dengan si pembuatnya. Rata-rata ibu rumah tangga ahli dalam membuat lauk ini. Untuk kamu yang ngekos, jangan sungkan untuk meminta tolong ibumu untuk membuatkannya ya!

2. Kentang Mustofa

Kering kentang atau kentang mustofa.
Kering kentang atau kentang mustofa. (Instagram.com/srirumaningsih)

Makanan kedua yang relatif mudah didapat dan awet di suhu ruang adalah kentang mustofa. Panganan yang juga biasa disebut kering kentang ini memiliki tekstur tipis dan panjang serta crunchy saat digigit.

Ada beberapa orang yang sengaja membuat kentang mustofanya sedikit pedas untuk menambah nafsu makan. Jika kamu malas membuatnya kamu bisa membelinya di warteg atau memesannya secara online.

3. Teri Kacang

Teri kacang
Teri kacang (Instagram.com/yuszhy)

Membuat keri kacang relatif mudah, bahkan untuk pemula. Caranya tinggal goreng kering teri lalu tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum dan matang, lalu tinggal masukkan teri yang sudah digoreng. Meski mudah dan murah, menu ini menjadi andalan bagian mereka yang ingin menambah nafsu makan.

4. Abon

Abon
Abon (Instagram.com/grandvilleabon

Abon menjadi andalan anak kos atau ibu-ibu yang sudah tak ada energi untuk masak saat sahur. Abon pun relatif mudah didapat, baik secara online maupun offline. Berbagai rasa pun ditawarkan, mulai dari manis hingga pedas. Makan nasi hangat dengan abon merupakan sebuah kenikmatan lho.

[Gambas:Instagram]

5. Rendang Telur

Rendang telur
Rendang telur (Freepik.con/puti.whotowork)

Rendang telur yang dimaksud adalah rendang telur kering. Rendang ini berisi telur dadar kering yang memiliki tekstur crunchy dan mirip dengan kerupuk. Serbuk rendang keringnya dijamin membuatmu ketagihan saat makan sahur!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id