sign up SIGN UP

LIFE

5 Jenis Olahraga untuk Atasi Berat Badan Naik Usai Lebaran

Friska NR | Minggu, 02 Aug 2020 08:00 WIB
5 Jenis Olahraga untuk Atasi Berat Badan Naik Usai Lebaran
caption

Berat badan yang naik usai lebaran kerap membuat wanita kurang percaya diri. Meski saat ini tidak bisa nge-gym, kamu tetap bisa lho melakukan olahraga secara mandiri di rumah untuk membakar kalori yang menumpuk akibat terlalu banyak makan saat lebaran. Ini dia 5 latihan yang bisa kamu lakukan!

1. Lompat Tali

Foto: https://www.freepik.com/

Lompat tali atau skipping merupakan salah satu olahraga sederhana yang mudah dilakukan di rumah. Olahraga ini efektif untuk membakar kalori sekaligus dapat meningkatkan kebugaran jantung dan kekuatan otot kaki. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan olahraga lompat tali secara rutin dengan durasi 15 – 20 menit per latihan.

2. Naik Turun Tangga

Foto: https://www.freepik.com/

Olahraga sederhana lainnya yang efektif untuk menurunkan berat badan adalah latihan naik turun tangga. Olahraga yang tidak memerlukan peralatan ini dapat dilakukan kapan dan dimana saja, termasuk saat sedang di rumah.

Dilansir dari Times of India, latihan naik turun tangga dapat membantu membakar kalori dan mengencangkan otot tubuh lebih cepat dari pada hanya berjalan atau melakukan jogging di tempat yang datar.


3. Jumping Jack

Foto: https://popsugar.com/

Mudah dan sederhana, kamu bisa melakukan latihan jumping jack untuk mendapatkan berbagai manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk membakar kalori berlebih pada tubuh.

Untuk melakukan jumping jack, kamu hanya perlu melakukan gerakan melompat dengan kaki yang dibuka lebar. Awali latihan ini dengan berdiri tegap dan kaki rapat, kemudian lompat sembari merentangkan kaki dan mengangkat kedua tangan ke atas kepala. Lakukan gerakan itu berulang-ulang.

4. Zumba

Foto: https://www.freepik.com/

Bikin semua bagian tubuh bergerak aktif, zumba juga ampuh untuk memangkas kalori yang menumpuk pasca lebaran. Olahraga yang mengkombinasikan gerakan tari salsa dan aerobik ini  banyak menjadi pilihan karena tak hanya dapat membakar kalori dan menguatkan otot tubuh, tapi juga dapat meningkatkan mood.

Meski lebih menyenangkan dilakukan beramai-ramai, kamu tetap dapat melakukan olahraga ini sendiri di rumah dengan mengikuti panduan melalui video.

5. Pilates

Foto: https://www.freepik.com/

Meski tak seefektif zumba, olahraga pilates juga dapat kamu jadikan pilihan untuk bantu menurunkan berat badan. Pilates merupakan olahraga low impact yang mirip yoga dan efektif untuk memperbaiki postur tubuh dan mengencangkan otot punggung serta perut sehingga dapat membantu mengecilkan perut buncit.

Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin. Namun pastikan kamu juga mendukungnya dengan menjalankan pola hidup sehat dan mengatur porsi makan secara seimbang ya,

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id