sign up SIGN UP

LIFE

Gerakan Olahraga untuk Penderita Skoliosis Seperti Jessica Mila

Anggi Putri | Kamis, 23 Jul 2020 08:00 WIB
Gerakan Olahraga untuk Penderita Skoliosis Seperti Jessica Mila
caption

Skoliosis dikenal sebagai kondisi tidak normal pada tulang belakang yang membentuk lekukan. Kondisi ini disebabkan banyak faktor, bisa karena keturunan atau kecelakaan.

Skoliosis bisa menjadi batasan pada penderitanya sehingga tidak bisa leluasa dalam melakukan olahraga. Dengan bentuk yang tidak normal, olahraga tanpa perhitungan bisa menimbulkan cidera serius. Belajar dari artis cantik Jessica Mila, inilah olahraga yang bisa menyembuhkan skoliosis.

[Gambas:Instagram]


Kelainan pada tulang belakang yang disebut scoliosis membutuhkan penanganan yang serius. Jika tidak, maka bentuk lengkungannya akan semakin kuat dan semakin sulit dikembalikan pada bentuk normal. Selain dengan olahraga, kelainan ini harus mendapat perawatan ahli.

Back Up

Gerakan back up merupakan kebalikan dari sit up. Back up dimulai dengan menghadapkan tubuh pada tanah. Sebaiknya minta bantuan orang lain untuk menahan kaki.
Back up/sumber: freepik.com

Gerakan back up merupakan kebalikan dari sit up. Back up dimulai dengan menghadapkan tubuh pada tanah. Sebaiknya minta bantuan orang lain untuk menahan kaki. Kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala.

Gerakkan tubuh ke bawah dan ke atas secara bergantian. Untuk hasil yang signifikan, lakukan gerakan back up selama 30 menit setiap hari. Back up bisa juga dilakukan tanpa harus menahan kaki. Artinya kaki dan badan akan bergerak ke atas bersamaan sementara perut menjadi tumpuan.

Sphinx

Gerakan sphinx ini merupakan salah satu bagian dari yoga, terutama untuk pemula. Hampir sama dengan gerakan back up, sphinx dimulai dengan tengkurap.
Sphinx/sumber: freepik.com

Gerakan sphinx ini merupakan salah satu bagian dari yoga, terutama untuk pemula. Hampir sama dengan gerakan back up, sphinx dimulai dengan tengkurap. Tubuh harus lurus dan kedua tangan diletakkan di samping. Tekuk siku hingga bisa menjadi tumpuan.

Selanjutnya bagian tubuh depan harus diangkat bersamaan dengan kepala yang menghadap ke atas. Pose ini harus ditahan selama beberapa detik. Gerakan sphinx akan membentuk tulang belakang menjadi lebih lurus.

Cobra Pose

Karena kondisi tulang belakang pada penderita skoliosis sangat rawan cedera, maka gerakan olahraga yang dipilih tidak boleh terlalu keras.
Cobra Pose/sumber: freepik.com

Karena kondisi tulang belakang pada penderita skoliosis sangat rawan cedera, maka gerakan olahraga yang dipilih tidak boleh terlalu keras. Setiap gerakan harus dilakukan perlahan dan didiamkan selama beberapa saat sebelum lanjut ke gerakan berikutnya.

Seperti cobra pose ini yang dimulai dengan posisi yang sama seperti gerakan sphinx. Bedanya, lengan harus lurus ketika melakukan cobra pose. Tubuh bagian depan dan kepala diangkat tinggi dengan tumpuan pada telapak tangan.

Airplane

Airplane pose bisa menjadi gerakan selanjutnya untuk membantu tulang kembali pada posisi normal.
Airplane/sumber: aura.tabloidbintang.com

Airplane pose bisa menjadi gerakan selanjutnya untuk membantu tulang kembali pada posisi normal. Dengan posisi berdiri, gerakan airplane dimulai dengan mengangkat salah satu kaki. Badan dicondongkan ke depan sementara tangan yang sama menyentuh kaki yang diangkat.

Tangan yang lain diluruskan ke depan. Tahan pose ini dalam waktu 10 detik. Gerakan ini akan menarik tulang hingga bisa mengikuti bentuk yang normal.

Pull Up

Pull up atau yang disebut bergelantungan bukan hanya bagus untuk meningkatkan tinggi badan secara alami.
Pull up/ sumber: freepik.com

Pull up atau yang disebut bergelantungan bukan hanya bagus untuk meningkatkan tinggi badan secara alami. Olahraga ini ternyata juga direkomendasikan bagi penderita skoliosis. Latihan ini membantu meluruskan tulang belakang sekaligus memanjangkannya.

Olahraga ini juga yang rutin dilakukan Jessica Mila dan terbukti menyembuhkan keluhannya. Pull up sebaiknya dilakukan selama 10 menit setiap harinya dengan gerakan perlahan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id