sign up SIGN UP

LIFE

5 Kreasi Roti Tawar untuk Menu Sahur Praktis

Diyah Wulandini | Rabu, 28 Apr 2021 04:00 WIB
5 Kreasi Roti Tawar untuk Menu Sahur Praktis
caption

Memasuki pertengahan ramadan masih semangat untuk bangun sahur, Ladies? Salah satu momen yang sangat disarankan buat enggak ditinggalkan memang sahur. Kalau enggak begitu siap-siap saja semangat puasamu menurun.

Selalu siapkan makanan pengganjal perut demi menambah energi kamu, ya. Kalau bangun tengah malam untuk menyiapkan makanan masih terasa berat, kamu bisa menggantinya dengan makanan simple yang masih bergizi.

Kehabisan nasi untuk dimakan setelah berbuka enggak perlu lagi membuat kamu resah, ya. Gantikan saja peran nasi dengan kreasi roti tawar yang tetap mengenyangkan. Berikut menu andalan dari roti tawar yang bisa kamu coba.

Roti Lapis

Bisa jadi menu paling mengenyangkan, roti lapis cocok sebagai pengganti nasi ketika sahur.
Roti Lapis/pinterest.com/ww_us

Roti lapis merupakan paket lengkap untuk kamu yang bingung mau makan apa selama sahur. Kamu enggak hanya menyantap lembaran roti, tapi juga dengan isian yang nikmat. Dijamin tetap semangat menjalani puasa tanpa kekurangan energi.

Cara membuatnya cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan 2 lembar roti dengan isian sesuai selera. Bisa diisi kornet, keju, dan sayur kesukaan kamu, Ladies. Tumpuk menjadi satu dan selesai. Kamu juga boleh goreng atau dipanggang agar lebih lezat.

Roti Pisang Cokelat

Kombinasi cokelat dan pisang bersama roti tawar enggak kalah mengenyangkan untuk dikonsumsi sebagai menu sahur.
Roti Cokelat Pisang/pinterest.com/feastingonfruit

Enggak kalah mudah dibuat dari roti lapis, kreasi pisang cokelat sebagai topping memang bisa diandalkan. Rasa manis mengenyangkan yang memenuhi mulut kamu enggak hanya membentuk energi dalam tubuh, tapi juga menambah mood selama berpuasa.

Siapkan selembar roti, lalu oles dengan selai cokelat. Bubuhkan buah pisang di atasnya. Boleh memangganggnya sebentar agar lebih lumer atau langsung menikmatinya. Selai itu juga bisa digoreng, lho. Caranya cukup dengan gulung roti dan masukkan pada minyak panas. 

Roti Telur

Roti dan telur merupakan menu sederhana yang bisa kamu gunakan untuk sahur ketika enggak sempat menanak nasi.
Roti Telur/pinterest.com/recipe_blog

Kandungan kalori, lemak, dan karbohidrat dalam roti tawar bisa banget dipadukan dengan telur yang enggak kalah sehat. Dalam sebutir telur ayam mengandung kalori, lemak, karbohidrat, protein, fosfor, dan sejumlah vitamin yang membuatmu semangat berpuasa, lho.

Dengan mata yang masih mengantuk kamu bisa menyiapkan selembar roti dan sebutir telur. Menambahnya dengan potongan sayur dan sedikit bumbu penyedap juga bakalan lebih lezat untuk disantap. Dijamin mengenyangkan, kok.

Roti Selai

Roti yang diolesi selai bisa jadi menu andalan ketika sahur tanpa perlu repot menyiapkan keperluan lainnya.
Roti Selai/pinterest.com/toutvert.fr

Ada menu lebih sederhana daripada lainnya adalah roti dengan olesan selai. Siapkan saja lembaran roti dengan selai yang kamu suka. Selain cokelat dan kacang kamu juga bisa memakai varian buah-buahan yang enggak kalah menyehatkan.

Kamu bisa menyantapnya sebanyak yang kamu mau, ya, Ladies. Asal tetap mempertimbangkan seberapa banyak kalori perlu untuk masuk. Menyantap makanan terlalu banyak hanya akan membawa masalah pada lambung.

Roti Salad Sayur

Mengonsumsi roti tawar dan sayur merupakan menu sehat yang bisa kamu makan ketika sahur.
Roti Salad Sayur/foto: pexels.com

Enggak kalah mengenyangkan dari yang lain, kamu bisa mengonsumsi roti salad sayur. Kreasi menu satu ini sudah pasti menyehatkan. Bukan lagi saatnya khawatir mengonsumsi makanan secara berlebihan ketika berpuasa.

Siapkan serangkaian sayur, dimulai dari selada, wortel, kol ungu, timun, dan buah bawang. Sebagai penyedap kamu boleh menambahkan lada bubuk, garam, dan mayonais secukupnya. Jangan lupakan telur dan roti agar lebih mengenyangkan.

Belum sempat menanak nasi bukan lagi masalah besar buat kamu. Cukup siapkan roti tawar dengan sejumlah pelengkap yang enggak kalah mengenyangkan untuk disantap. Selamat mencoba, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id