sign up SIGN UP

LIFE

5 Makanan yang Bantu Detoks Tubuh Saat Puasa, Jadikan Menu Sahur dan Berbuka!

Dian Aprilia | Senin, 26 Apr 2021 14:00 WIB
5 Makanan yang Bantu Detoks Tubuh Saat Puasa, Jadikan Menu Sahur dan Berbuka!
caption

Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun dalam tubuh agar organ-organ di dalamnya bisa bekerja lebih optimal. Tubuh manusia memang memiliki cara untuk melakukan detosifikasi secara alami, seperti buang air kecil, buang air besar, dan juga berkeringat.  Namun saat puasa, proses detoksifikasi tersebut menjadi lebih maksimal.

Sebab saat puasa, organ di tubuh akan beristirahat. Diantaranya adalah hati, pankreas, lambung, usus besar dan usus halus. Saat beristirahat, organ pencernaan akan membersihkan diri sehingga mampu menyerap nutrisi lebih efektif. Nah untuk membantu proses detoksifikasi tersebut, berikut beautynesia.id merangkum 3 makanan yang perlu dikonsumsi:

Bayam

Bayam
Bayam/pexels.com

Bayam termasuk sayuran yang bisa membantu proses detoksifikasi tubuh saat berpuasa. Untuk itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi bayam saat sahur ataupun berbuka puasa agar proses detoksifikasi berjalan dengan lancar.

Selain bagus untuk proses detoksifikasi tubuh, bayam memiliki banyak manfaat lainnya. Diantaranya adalah menjaga kesehatan tulang, mencegah anemia, mencegah kanker, dan meningkatkan kesehatan mata.

Teh hijau

Teh hijau
Teh hijau/pexels.com

Selanjutnya, teh hijau termasuk minuman yang bagus untuk membantu detosifikasi tubuh. Sebab teh hijau mengandung antioksidan tinggi sehingga efektif untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu teh hijau memiliki beragam manfaat lain seperti, menjaga kesehatan jantung, melindungi otak, mengurangi risiko kanker, mengurangi stres dan juga mengurangi pembengkakan mata. Meski begitu, sebaiknya konsumsi saat buka puasa dan tidak berlebihan agar tidak membuatmu mudah haus.

Alpukat

Avocado
Avocado/pexels.com

Buah yang bagus untuk proses detoksifikasi tubuh adalah buah alpukat. Sebab buah alpukat berperan untuk melumasi dinding-dinding usus besar sehingga memudahkan pengeluaran racun dari tubuh. 

Selain itu buah alpukat juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung, mengurangi kolesterol, dan juga menjaga kesehatan mata. Kamu bisa mengolahnya jadi alpukat kocok, jus, smoothies atau bahan dalam salad.

Bawang Putih

Bawang putih
Bawang putih/pexels.com

Bumbu yang cukup sering digunakan ini ternyata juga efektif untuk membantu proses detoksifikasi tubuh. Sebab bawang putih mengandung zat allicin yang tinggi. Dimana zat ini berperan untuk menyaring racun di sistem pencernaan. Sehingga bisa meminimalisir berbagai penyakit kronis di sistem pencernaan.

Kamu bisa mengonsumsinya sebagai bumbu di berbagai masakanmu, garlic bread, garlic chicken, dan lainnya. Bagi kamu yang kurang suka dengan bawang putih, bisa diganti dengan suplemen kapsul bawang putih.

Brokoli

Brokoli
Brokoli/pexels.com

Selain bayam, brokoli juga termasuk sayuran yang baik untuk proses detoksifikasi tubuh. Sama halnya dengan teh hijau, brokoli memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga brokoli bermanfaat untuk membuang racun yang memicu berbagai penyakit.

Selain itu brokoli juga berperan untuk membantu regenerasi sel dan memelihara berbagai organ penting dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk campuran jus, smoothies, sayur bening, tumis dan lainnya.

Itulah berbagai makanan dan minuman yang baik dikonsumsi agar proses detoksifikasi saat puasa bisa berjalan lancar. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id