sign up SIGN UP

LIFE

Mencengangkan! Buah dan Sayur Ini Bentuknya Mirip Organ Tubuh Manusia dengan Manfaat Luar Biasa

Nisrina Salsabila | Minggu, 25 Apr 2021 14:00 WIB
Mencengangkan! Buah dan Sayur Ini Bentuknya Mirip Organ Tubuh Manusia dengan Manfaat Luar Biasa
caption

Menu diet seimbang jelas-jelas terbukti dapat meningkatkan kesehatan juga kinerja masing-masing organ dalam tubuh. Secara mengejutkan, alam ternyata telah memberi manusia sebuah petunjuk besar mengenai jenis makanan tertentu yang khasiatnya mampu membantu kesehatan dan fungsi organ tubuh kita.

Pernahkah kamu berpikir jika suatu sayur atau buah punya kemiripan khusus dengan bagian tubuh manusia tertentu? Berdasarkan penelitian, beberapa makanan sehat yang bentuknya mencerminkan rupa bagian tubuh manusia faktanya benar-benar mengandung khasiat yang secara spesifik berpengaruh terhadap organ tubuh tersebut. Temukan fakta-fakta menakjubkan dalam artikel di bawah ini!

1. Wortel dan Mata

manfaat buah dan sayur untuk organ tubuh
Wortel mengandung vitamin A untuk mata/Foto: Pinterest.com/alaruine/freepik

Kamu mungkin menyadari, jika potongan wortel tampak seperti pupil mata. As we know, wortel mengandung vitamin A yang baik untuk memelihara kesehatan indera penglihatan. Kandungan beta-karoten yang memberi warna oranye pada wortel pun mampu mencegah risiko katarak sampai Age-related Macular Degeneration (AMD) atau gangguan penglihatan pada orang tua.

2. Walnut dan Otak Kecil

manfaat buah dan sayur untuk organ tubuh
Walnut mampu cegah penyakit otak seperti alzheimer/Foto: Pinterest.com/womansday

Saat melihat walnut, dipikiranmu mungkin akan terbesit penampakan otak manusia dari kerutan-kerutan pada walnut. Mempunyai bentuk yang serupa, walnut mengandung nutrisi penting bagi otak untuk mencegah seseorang mengalami demensia hingga alzheimer. Walnut dapat membantu mengembangkan lebih dari 3 lusin neurotransmiter, yaitu senyawa dalam tubuh yang menyampaikan sinyal antara satu sel saraf (neuron) ke sel saraf target.

3. Alpukat dan Rahim

manfaat buah dan sayur untuk organ tubuh
Alpukat bagus dikonsumsi ibu hamil/Foto: Pinterest.com/ashleymalello/womenshealthmag

Buah alpukat sangat bagus bagi kesehatan rahim dan mulut rahim karena rupanya yang selaras―bagian bijinya bagaikan bentuk janin dalam rahim. Penelitian mengungkapkan bahwa perempuan, terutama ibu hamil yang rajin mengonsumsi satu alpukat per minggu maka hormon kehamilannya akan seimbang, bahkan bisa mencegah kanker serviks.

Fun fact: Alpukat membutuhkan waktu 9 bulan sejak pohonnya berbunga hingga buahnya matang, layaknya bayi manusia!

4. Anggur dan Jeruk untuk Payudara

manfaat buah dan sayur untuk organ tubuh
Limonoid pada jeruk cegah kanker payudara/Foto: Trucsetbricolages.com

Kelompok buah citrus berupa jeruk, lemon, dan anggur pada bagian dalamnya menyamai bentuk kelenjar susu pada payudara perempuan. Bukan kebetulan, nutrisi senyawa alami berupa limonoid dalam buah-buahan itu memang sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Limonoid juga membantu meningkatkan kesehatan payudara dan sirkulasi getah bening ke payudara.

5. Kacang Merah dan Ginjal

manfaat buah dan sayur untuk organ tubuh
Alasan dibalik nama kidney bean/Foto: Pinterest.com/allrecipesdish/freepik

Tak heran mengapa kacang merah dalam bahasa inggris disebut kidney bean. Faktanya, kacang merah memang dapat membantu menjaga dan merawat fungsi ginjal melalui berbagai kandungan vitamin dan mineral pada kacang merah. Kamu bisa mengkreasikan kacang ini menjadi menu camilan ala Korea yang berbahan dasar kacang merah, seperti Hotteok dan Bungeoppang.

6. Tomat dan Jantung

manfaat buah dan sayur bagi tubuh
Tomat bagus bagi kesehatan jantung/Foto: Pinterest.com/alaruine/freepik

Saat dipotong melintang, tomat akan tampak berwarna merah dan memiliki empat ruang, sebagaimana penampakan bagian dalam organ jantung. Tomat mengandung senyawa lycopene yang merupakan nutrisi penting bagi jantung dan darah, untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Tomat juga kaya akan vitamin C yang baik bagi kesehatan jantung, loh.

7. Celery Stick dan Pakcoy untuk Tulang

manfaat buah dan sayur untuk organ tubuh
Seledri batang dan pakcoy bentuknya mirip tulang/Foto: Pinterest.com/julieandrieuofficiel/amazonfashion

Kedua jenis sayuran ini memiliki bentuk dan khasiat yang terkait dengan struktur tulang manusia. Mereka mengandung sodium, komponen pembentuk tulang, yang dapat meningkatkan kekuatan tulang. Bila tubuhmu kekurangan sodium, maka tubuh akan mengambil sodium dari tulang, sehingga kekuatan tulangmu akan menurun. Nah, seledri dan pokcoy mampu menggantikan kebutuhan sodium yang hilang dalam tulang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id