sign up SIGN UP

LIFE

5 Minuman Sehat yang Bantu Melawan Jerawat dari Dalam

Esra Dopita | Minggu, 14 Jun 2020 20:00 WIB
5 Minuman Sehat yang Bantu Melawan Jerawat dari Dalam
caption

Munculnya jerawat di wajah dapat membuat wanita pusing, bahkan stres. Tak heran, mereka akan langsung mencari cara untuk mengatasinya. Sebenarnya, ada banyak cara menghilangkan jerawat, salah satunya mengonsumsi minuman sehat dengan bahan alami. Berikut ini lima minuman sehat yang membantu melawan jerawat. 

Kunyit 

image
kunyit untuk menghilangkan jerawat/https://unsplash.com/@oshakey

Banyak produk kulit dan kecantikan yang memakai kunyit sebagai komponen utamanya. Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai anti peradangan, anti virus, antioksidan, juga anti jamur.

Selain itu, kurkumin juga membantu mempercepat proses penyembuhan kulit seperti jerawat serta mengembalikan kecerahan kulit. Kamu bisa menghaluskan satu hingga dua buah kunyit atau sesendok teh kunyit, lalu campurkan air hangat, dan aduk rata. Minuman kunyit siap dinikmati. 


Teh Hijau 

image
teh hijau untuk mnghilangkan jerawat/https://unsplash.com/@randyfath

Sama dengan kunyit, teh hijau juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan ekstrak etanolik dalam teh hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri  staphylococcus aureus, penyebab salah satu timbulnya jerawat.

Teh hijau juga mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang membantu meredakan jerawat serta membuat kulit tampak lebih segar. Kamu bisa mengonsumsi segelas teh hijau dalam sehari. 

Air Putih Hangat 

image
air putih hangat untuk kulit berjerawat/ https://food.detik.com/

Selain melembapkan kulit, air putih juga melancarkan peredaran darah serta menetralkan racun pada tubuh yang kerap menjadi penyebab jerawat. Namun, wajah berjerawat, dianjurkan minum air hangat. Sebab, air hangat dapat mendetoks racun dalam tubuh serta melancarkan pencernaan.

Pencernaan yang sehat dapat menghambat pertumbuhan jerawat. Sebaliknya, air dingin justru mengeraskan minyak dan makanan sehingga membuat timbunan lemak di usus. 

Air Kelapa 

image
air kelapa untuk jerawat / https://unsplash.com/@derekstory

Tak hanya kesegaran, air kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Air kelapa mengandung kloramfenikol, antibiotik alami untuk meminimalkan pertumbuhan bakteri dalam tubuh, salah satunya bakteri penyebab jewarat.

Air kelapa juga membantu menghaluskan kulit serta mengandung serat yang baik untuk detoksifikasi. Dengan rajin mengonsumsi air kelapa, dapat membantu mengeluarkan segala racun dalam tubuh. 

Kefir 

image
masker kefir / https://m.detik.com/wolipop/

Minuman sehat selanjutnya adalah kefir. Bahan alami ini mengandung probiotik yang baik bagi kesehatan usus. Probiotik juga berfungsi sebagai penangkal bakteri jahat dan mengurangi peradangan.

Tak hanya itu, kefir juga mengandungan protein laktoferin yang bermanfaat melawan jerawat. Minum kefir dengan kandungan 200 miligram laktoferin dapat menurunkan hampir 39 persen kemunculan jerawat yang maradang selama 12 minggu. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id