sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Membuat Salad Buah untuk Diet

Putri Arya | Kamis, 03 Sep 2020 09:30 WIB
5 Tips Membuat Salad Buah untuk Diet
caption

Menerapkan gaya hidup sehat penting untuk menjaga kesehatan. Termasuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pola makan yang sehat menjaga kesehatan pencernaan yang juga berpengaruh pada daya tahan tubuh.

Seperti memasukkan menu salad dalam makanan harianmu. Mengganti sarapan berat atau menu makan malam dengan salad bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Namun hati-hati ya, Ladies. Jika kamu salah memilih komposisi yang ada dalam seporsi saladmu, berat badan malah semakin bertambah.

Berikut 5 tips membuat salad buah untuk diet sehat dan bernutrisi:

Gunakan Buah Segar dan Berwarna-warni

tips membuat salad buah untuk diet
salad buah/pixabay.com/

Untuk membuat salad buah yang lezat, gunakan buah-buahan yang segar. Beri taburan sedikit gula pada buah yang masih sedikit keras agar lebih empuk. Pilihlah buah dengan warna yang berbeda-beda atau warna-warni. Selain mempercantik hidangan, buah dengan warna yang berbeda-beda dapat melengkapi asupan nutrisi harianmu. Pilih juga buah dengan tekstur yang berbeda-beda agar cita rasa salad buah lebih beragam.

Tambahkan Kacang-Kacangan

tips membuat salad buah untuk diet
kacang almond/freepik.com/

Agar lebih bernutrisi, kamu bisa menambahkan kacang-kacangan seperti walnut dan almond. Protein nabati ini mengandung asam lemak omega-3. Tapi pastikan kacang almond atau walnut yang kamu gunakan tak ditambahkan garam atau penyedap rasa ya.

Hindari Mayones

tips membuat salad buah untuk diet
Jeruk peras/freepik.com/

Mayones biasanya digunakan sebagai salad dressing dan penambah rasa. Namun jika kamu membuat salad buah untuk diet, sebaiknya hindari mayones. Kamu bisa menggantinya dengan cuka balsamic atau minyak zaitun. Bisa juga dengan menggunakan perasan jeruk. Segarnya sari jeruk tentu menambah rasa pada salad buah kamu.

Hindari Kental Manis

tips membuat salad buah untuk diet
Salad Buah Yogurt/freepik.com/

Selain mayones, biasanya kental manis digunakan untuk menambah cita rasa manis pada salad. Tapi untuk diet, sebaiknya hindari ya. Bukannya kurus, bisa-bisa berat badanmu melonjak naik. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan yogurt berkualitas atau plain yogurt untuk menambah rasa pada salad buah. Tambahkan pula potongan keju rendah lemak dan tinggi kalsium, agar kebutuhan nutrisimu tercukupi selama diet.

Tambahkan Madu

tips membuat salad buah untuk diet
madu/freepik.com/

Agar lebih sehat bernutrisi, tambahkan madu sebagai dressing salad buah. Madu kaya antioksidan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Rasanya yang manis juga tak akan membuat berat badan naik.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id