sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Mencuci Buah & Sayuran Agar Aman dari Bakteri dan Virus Corona

Ajiest Lantang | Rabu, 15 Apr 2020 03:45 WIB
5 Tips Mencuci Buah & Sayuran Agar Aman dari Bakteri dan Virus Corona
caption
Wabah pandemi virus Corona atau COVID-19 menyadarkan kita tentang pentingnya hidup sehat dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Termasuk menjaga kebersihan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Buah dan sayuran adalah makanan sehat yang baik untuk tubuh. Tapi sebelum mengonsumsinya, pastikan dulu buah dan sayuran yang kamu makan aman dari bakteri dan virus berbahaya termasuk Corona ya, Beautynesian.

Sebagian orang membersihkan buah dan sayur dari bakteri dan virus dengan sanitizer. Padahal menurut pakar kesehatan, cara tersebut tidak aman dilakukan. Kandungan alkohol dalam sanitizer bisa merusak kesehatan, lho.

Lalu, seperti apa mencuci sayur dan buah yang benar? Berikut 5 tips mencuci sayuran dan buah agar terhindar bakteri dan corona seperti dilansir dari Food Detik:


Sayuran Hijau




Foto: https://pixabay.com/

Untuk sayuran berbentuk daun, kamu bisa mencucinya di bawah air mengalir atau merendamnya di dalam wadah. Pastikan setiap lembarnya terkena air dan rendam sayuran selama beberapa menit hingga pasir dan kotoran mengendap di dasar wadah. Setelahnya, cuci kembali sayuran dengan air mengalir lalu tiriskan.


Sayuran Akar




Foto: https://pixabay.com/

Sayuran akar atau umbi-umbian seperti wortel, kentang, lobak, bit dan lainnya, bisa kamu cuci dengan cara menggosok atau menyikat sayuran di bawah air mengalir. Gunakan sikat halus agar tanah yang menempel pada sayuran larut dengan air. Tiriskan agar air tak menempel di sayuran.



Jamur




Foto: https://pixabay.com/

Jamur bersifat menyerap air seperti spons dan akan mengeluarkan cairan saat dimasak. Cara berbeda dilakukan untuk mencuci Jamur. Taruh jamur dalam wadah saringan, ayunkan jamur dalam wadah di bawah air mengalir. Cara lainnya yaitu dengan menyeka satu persatu paying jamur dengan tisu yang dibasahi sedikit air. Angin-anginkan sebentar hingga kering dan jamur bisa diolah.


Sayur dan Buah dengan Tekstur Keras




Foto: https://pixabay.com/

Sayur dan buah berteksturĀ keras seperti mentimun, asparagus, anggur, apel, pir dan kacang hijau bisa dicuci dengan cara merendamnya terlebih dahulu selama beberapa menit. Lalu cuci di bawah air mengalir. Pastikan sayur dan buah bersih dengan cara menggosok permukaan sayur dan buah. Tiriskan dan keringkan sayur dan buah.


Sayur dan Buah dengan Tekstur Lunak




Foto: https://pixabay.com/

Sayur dan buah seperti tomat, buah-buahan berry dan lainnya mudah hancur jika tak dicuci dengan cara yang benar. Kamu bisa mencucinya dengan cara membilasnya di aliran air yang kecil. Jangan menyemprot dengan air bertekanan besar karena akan merusak tekstur buah dan sayurnya. Gosok secara lembut dengan tangan. Setelahnya, letakkan sayur dan buah di atas tisu agar airnya mengering.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id