sign up SIGN UP

6 Jenis Selada Lezat untuk Pelengkap Salad Sayur, Cocok Buat Menu Diet Usir Perut Buncit nih!

Nisrina Salsabila | Selasa, 23 Nov 2021 06:15 WIB
6 Jenis Selada Lezat untuk Pelengkap Salad Sayur, Cocok Buat Menu Diet Usir Perut Buncit nih!
6 Jenis Selada Lezat untuk Pelengkap Salad Sayur/Foto: Pexels.com/Shameel Mukkath

Menu salad sayur, berupa kombinasi aneka selada segar ditambah dressing sauce, memang enak disantap sebagai menu diet sehat. Apalagi, ternyata daun selada punya banyak manfaat, lho! Di antaranya mengandung sumber vitamin A dan K yang sangat tinggi, baik untuk ibu hamil, meningkatkan kekebalan tubuh, tinggi antioksidan, hingga dapat mengontrol tekanan darah.

Supaya hidangan saladmu makin menggugah selera, berikut beberapa jenis selada yang umum dipakai dalam resep salad. Simak selengkapnya di sini yuk, Beauties!

1. Selada Keriting

selada
Selada Keriting/Foto: Pexels.com/ron lach

Jenis selada yang satu ini marak ditemukan di pasar tradisional Indonesia. Selada yang daunnya berujung keriting dan berwarna hijau muda ini umumnya dimakan untuk lalapan, isian sandwich juga untuk ssam, yakni teknik membungkus daging BBQ dengan daun ala masakan Korea.

Selada keriting rasanya segar, tapi mudah layu. Sehingga sayur salad ini harus disimpan di wadah yang kering dan kedap udara.

2. Selada Merah/Lollo Rosso

selada
Selada Lollo Rosso/Foto: Pinterest.com/okokorecepten

Selada lollo rosso wujudnya hampir sama dengan selada keriting, hanya saja pada ujung-ujung daunnya berwarna merah keunguan. Sementara itu, teksturnya cenderung sedikit lebih lembut dibandingkan selada keriting.

Tampilan selada yang cantik dengan kombinasi dua warna bakal membuat saladmu semakin menarik dan menggugah selera. Selain itu, lollo rosso juga cocok dijadikan sebagai garnish pada aneka sajian.

3. Selada Bokor

selada
Selada Bokor/Foto: Pinterest.com/Instacart.com

Selada bokor yang mirip kubis ini juga dikenal dengan sebutan selada iceberg. Teksturnya renyah, kering, dan agak tipis seperti lembaran, lalu rasanya segar dan agak hambar.

Selada ini banyak ditemukan pada isian kebab, burger, bahkan digunakan sebagai pengganti kulit lumpia. Dibanding dua selada sebelumnya, selada bokor punya umur simpan lebih lama. Jangan lupa, pastikan daun telah dicuci hingga bersih dengan air mengalir sebelum menyantapnya.

4. Selada Air

selada
Selada Air/Foto: Pinterest.com/Bon Apetite Magazine

Selada air bentuknya berupa daun kecil dengan tekstur yang tetap renyah meski sudah dimasak. Selada air mudah didapat karena tumbuh sepanjang musim. Sayuran ini bisa kamu kreasikan menjadi berbagai menu masakan diet, lho.  

Misalnya buat campuran tumisan, isian lumpia, dan yang paling enak, selada air rebus disantap bersama sambal untuk lalapan. Selada air mampu mencegah dehidrasi dan mengandung antioksidan untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

5. Arugula

selada
Arugula/Foto: Pexels.com/Pixabay

Arugula, juga dikenal dengan rocket atau rucola, merupakan tanaman asli Mediterania yang populer dalam masakan Itali, Maroko, Portugal, dan Turki. 

Rupa arugula sangat mudah dikenali dari daunnya yang kecil, panjang, dan bercabang. Cita rasanya pun tak kalah unik, yakni perpaduan pedas dan sedikit pahit di lidah, yang justru bisa menambah rasa khas pada salad. Saat disantap, tekstur daunnya terasa kering dan mudah layu. Kamu bisa menemukan daun arugula pada topping piza, canape, dan isian salad.

Di balik tampilannya yang estetik, arugula ternyata mengandung banyak air dan serat pangan yang baik bagi pencernaan juga dapat menstabilkan gula darah.

6. Romaine

selada
Romaine/Foto: Pinterest.com/dengarden.com

Sekilas, romaine memang mirip dengan sawi putih, namun daunnya lebih tebal, hijau, dan agak kaku. Rasanya yang netral dan renyah membuat selada romaine pas dihidangkan dalam caesar salad yang segar.

Khasiat romaine nggak main-main lho, di antaranya dapat melawan risiko kanker, mencegah tanda penuaan dini, dan rendah kalori. Jadi kalau kamu sedang usaha buat menurunkan berat badan, tambahkan daun romaine ke dalam menu diet sehatmu!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id