sign up SIGN UP

Berat Badan Naik dan Perut Makin Buncit? Ada Solusi Praktisnya!

Nubira Maisty | Senin, 22 Nov 2021 07:30 WIB
Berat Badan Naik dan Perut Makin Buncit? Ada Solusi Praktisnya!
Perut Langsing/Sumber: Pexels.com

Kenaikan berat badan dan bertambahnya lingkar perut kadang menjadi sesuatu yang tak dapat dihindari. Apalagi jika kita sedang berada di kondisi tertentu seperti sedang berlibur ke suatu daerah, sedang sakit hingga sedang stress dapat menjadi beberapa faktor dimana kita akan sulit untuk menjaga pola makan.

Berat badan dapat diatur dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga yang rutin.
Berat Badan/Sumber: Pexels.com

Selain diakibatkan oleh pola makan berlebih, kenaikan berat badan dan lingkar perut bisa jadi dikarenakan kurangnya aktivitas fisik. Seperti terlalu lama bekerja sambil duduk, hingga kurangnya olahraga.

Konsep healthy eating dapat diterapkan dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi.
Makanan Sehat/Sumber: Unsplash.com

Cara untuk mengatasi kedua permasalahan di atas tentu dengan menjaga pola makan dan merutinkan olahraga. Akan tetapi, penting juga agar kita memahami jenis makanan dan minuman apa saja yang dapat dihindari ataupun dikonsumsi secara lebih untuk membantu mendapatkan berat badan dan lingkar perut yang ideal.

Teh rooibos adalah teh merah asal Afrika Selatan.
Teh Merah Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Faktanya, terdapat sebuah hormon yang bernama leptin yang mampu mengontrol berat badan. Semakin banyak kadar leptin dalam tubuh, semakin lancar proses metabolism lemak sehingga lemak tidak akan menumpuk pada satu titik termasuk perut. Cara meningkatkan kadar leptin dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman beroksidan tinggi.

Terdapat sebuah teh herbal yang berasal dari Afrika Selatan dan telah diteliti memiliki kandungan oksidan yang tinggi serta bebas kafein. Teh tersebut bernama teh rooibos yang memiliki tampilan visual berwarna merah. Selain bebas kafein, ternyata teh ini juga bebas dari kandungan kalori.

Faktor nol kalori pada teh ini terbukti mampu mempercepat proses metabolism dan melancarkan pencernaan. Sebuah, penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan aspalathin pada teh rooibos dapat membantu mengurangi lemak, meningkatkan metabolisme lemak, dan memblokir pembentukan sel lemak.

Ketiga faktor tersebut semakin menguatkan alasan mengapa teh rooibos dapat membantu kita dalam mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Sebuah penelitian menyebutkan kandungan magnesium yang tinggi pada teh rooibos secara signifikan dapat mengurangi kadar kortisol atau hormon stress. Hormon stress pada tubuh sangat berperan aktif dalam meningkatkan nafsu makan. Sehingga, siapapun yang mengonsumsi teh rooibos secara teratur, akan mampu mengontrol nafsu makannya sehingga berat badan lebih terkontrol.

Setelah membaca pemaparan di atas, apakah kamu tertarik untuk segera mencoba teh rooibos ini? Beri komentar di bawah ini ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id