sign up SIGN UP

LIFE

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur untuk Menambah Energi

Intan Dwi | Jumat, 30 Apr 2021 03:30 WIB
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur untuk Menambah Energi
caption

Karena saat ini semua umat muslim sedang menjalani ibadah puasa, asupan nutrisi dan vitamin pun terbatas sedangkan kamu membutuhkan energi untuk menjalani segudang aktivitas. Karena itu kamu membutuhkan makanan dengan vitamin dan nutrisi yang cukup selama bulan puasa ini.

Berikut ini ada enam makanan yang baik dikonsumsi ketika sahur untuk menambah energi:

Telur

Telur menyediakan 7 gram protein berkualitas tinggi, di samping zat besi, vitamin, mineral dan karotenoid yang merupakan sumber energi yang stabil.
Telur/freepik.com

Telur menyediakan 7 gram protein berkualitas tinggi, di samping zat besi, vitamin, mineral dan karotenoid yang merupakan sumber energi yang stabil. Secara alami, telur serba guna dan mudah dinikmati, seperti telur orak-arik, direbus dan masih banyak lagi. Selain itu, kandungan leusin yang merupakan asam amino paling melimpah dalam telur diketahui dapat merangsang produksi energi dalam beberapa cara.

Mentimun dan Buncis

Mentimun kaya akan air yang akan menghidrasi kamu, sedangkan buncis merupakan sumber protein dan serat yang bagus untuk membuat kamu merasa kenyang dan berenergi sepanjang hari.
Mentimun dan Buncis/freepik.com

Mentimun kaya akan air yang akan menghidrasi kamu, sedangkan buncis merupakan sumber protein dan serat yang bagus untuk membuat kamu merasa kenyang dan berenergi sepanjang hari. Buncis juga kaya akan magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi.

Alpukat

Alpukat juga sarat dengan fitonutrien, yaitu nutrisi yang ditemukan dalam makanan nabati yang dibutuhkan tubuh kita agar berfungsi dengan baik.
Alpukat/freepik.com

Dengan 160 kalori, 7 gram serat dan 15 gram lemak sehat, alpukat memberi kita energi berkelanjutan. Alpukat juga mengandung serat larut dalam jumlah yang baik, yang memberi makan bakteri baik pada usus kita untuk mendukung usus yang sehat. Alpukat juga sarat dengan fitonutrien, yaitu nutrisi yang ditemukan dalam makanan nabati yang dibutuhkan tubuh kita agar berfungsi dengan baik.

Yogurt

Yogurt alami bebas gula mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang sehat untuk meningkatkan energi di pagi hari.
Yogurt/freepik.com

Yogurt alami bebas gula mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang sehat untuk meningkatkan energi di pagi hari. Greek yogurt secara alami juga mengandung lebih tinggi protein, kamu bisa mencoba satu cup greek yogurt, dua sendok makan chia seed, ditambah satu buah kecil seperti berry.

Pisang

Buah pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks, kalium dan vitamin B6, menjadikan pisang sebagai salah satu makanan paling bergizi untuk memulai pagi kamu.
Pisang/unsplash.com

Buah pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks, kalium dan vitamin B6, menjadikan pisang sebagai salah satu makanan paling bergizi untuk memulai pagi kamu. Vitamin B6 digunakan dalam metabolisme energi dan karbohidrat kompleks yang dipecah menjadi glukosa sebagai gula untuk energi.

Oatmeal

Kombinasi dari semua nutrisi ini membuat oatmeal menjadi makanan yang sempurna untuk pelepasan energi yang berkelanjutan.
Oatmeal/freepik.com

Karbohidrat kompleks ini merupakan makanan yang mudah diubah menjadi energi cepat. Ditambah lagi, oat memiliki banyak vitamin dan mineral yang membantu proses produksi energi dari vitamin B dan zat besi. Kombinasi dari semua nutrisi ini membuat oatmeal menjadi makanan yang sempurna untuk pelepasan energi yang berkelanjutan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id