sign up SIGN UP

LIFE

7 Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan, Cegah Anemia - Penyakit Kanker!

Tria Oktyana | Sabtu, 13 Jul 2019 12:00 WIB
7 Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan, Cegah Anemia - Penyakit Kanker!
caption
Buah kurma terkenal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam buah kurma terdapat kandungan protein, lemak, mineral, zat besi, dan juga zat asam folat yang terkenal memiliki peran penting dalam tubuh. Tidak salah kalau buah asal Timur Tengah ini banyak di konsumsi di Indonesia. Buah kurma juga banyak di konsumsi dengan diambil sarinya dan dijual dipasaran dengan nama sari kurma. Apakah manfaat dari sari kurma?

Mencegah Penyakit Kanker



Buah kurma kaya dengan kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Vitamin A, B, dan C terkandung dalam buah yang terkenal pada bulan Ramadan ini. Vitamin A tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit tapi juga dapat membantu mencegah penyakit kanker seperti kanker mulut dan paru-paru. Memasukkan dua sendok makan sari kurma dalam hidangan makanan dalam sehari, merupakan cara yang baik untuk mencegah penyakit berbahaya ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati.
Foto: https://id.pinterest.com/shapemagazine/

Menjaga Kesehatan Jantung


Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab terbasar kematian pada manusia. Pola hidup yang buruk membuat penyakit ini rentan di idap. Sehingga perlunya perhatian yang lebih terhadap kesehatan jantung. Mengonsumsi sari kurma dapat menjaga jantung lebih sehat. Dalam kandungan sari kurma terdapat kandungan kalium yang tinggi yang berguna mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. 


Foto: https://id.pinterest.com/amberstarr82/

Kesehatan Pencernaan


Manfaat sari kurma lainnya baik untuk kesehatan pencernaan kita. Walaupun untuk asam lambung tidak dapat dikatakan mengatasi secara langsuntng. Tetapi kesehatan organ pencernaan saling berkesinambungan. Apabila pencernaan tidak ada hambatan, peningkatan asam lambung juga dapat dicegah. 

Sari kurma kaya dengan kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan seperti melindungi selaput lendir pada usus dan mencegah menyerapan kolestrol LDL yang terjadi dalam proses pencernaan di usus. Sari kurma juga memiliki kandung laksatif alami yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.


Foto: https://id.pinterest.com/rhondapiers/health-and-beauty/

Mencegah Anemia


Buah ini memiliki kandungan zat tembaga atau Cu yang tinggi. Seperti yang kita tahu anemia adalah kekurang sel daram merah dalam tubuh. Anemia dapat membuat badan lemas dan sulit untuk konsentrasi. Kandungan Cu dalam sari kurma dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Sari kurma juga memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah sel darah merah rusak. Sehingga mengonsumsi sari kurma untuk penderita anemia dapat membantu menstabilkan sel darah merah dalam tubuh.



Foto: https://id.pinterest.com/rhondapiers/

Mempercepat Proses Kesembuhan DBD


Sari kurma untuk DBD tidak dapat dikatakan secara langsung bermanfaat. Tapi tidak juga dikatakan tidak bermanfaat. Sari kurma kaya dengan kandungan yang dibutuhkan tubuh. Seperti kandungan Cu dan zat besi yang membantu dalam memproduksi sel darah merah dan putih. Produksi sel darah putih dalam tubuh dapat membantu mengatasi virus dari DBD. Kandungan vitamin, mineral, dan protein membantu tubuh mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Foto: https://id.pinterest.com/wemysticbrasil/

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi


Zat kalium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sari buah manis ini memiliki kandungan kalium yang tinggi. Tidak hanya itu sari kurma juga mengandung fosfor, potasium, magnesium, dan zink yang memiliki peran penting dalam kesehatan tulang dan gigi. So, agar memiliki gigi dan tulang yang kuat masukan sari kurma dalam menu makanmu iya, Ladies.


Foto: https://id.pinterest.com/milles_studio/

Mengontrol Gula Darah


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sari kurma memiliki tingkat kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi sari kurma setelah makan dapat mengontrol tingkat gula darah setelah makan. Walaupun begitu, dalam mengonsumsinya perlu diperhatikan takaran yang digunakan. Efek samping sari kurma karena penggunaan terlalu banyak juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Sehingga perhatikan tingkat takaran pemakaian. Cukup 1-2 sendok ataupun sesuai takaran penggunaan yang disarankan.


Foto: https://id.pinterest.com/byrdiebeauty/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id