sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Dianggap Sepele! Sering Kentut Ternyata Masalah Serius

Budi Panjaita | Sabtu, 30 Nov 2019 03:00 WIB
Jangan Dianggap Sepele! Sering Kentut Ternyata Masalah Serius
caption
Tidak bisa dipungkiri bahwa kentut adalah hal yang wajar. Namun, ada batas mengenai frekuensi kentut dalam satu hari. Apabila sudah melewati batas tersebut, risiko kesehatan adalah hal penting untuk diketahui. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Asupan Minuman Bersoda




Foto: https://www.drinkpreneur.com/

Minuman yang bersoda bisa menjadi penyebab utama lebih sering buang angin daripada biasanya.  Selain itu mengunyah permen karet dan minum menggunakan sedotan juga bisa menyebabkan udara terperangkap di usus besar. 50% kasus buang angin yang berlebihan mengungkapkan alasan ini.


Indikasi Penyakit Radang Usus




Foto: https://www.medicalnewstoday.com/articles/326332.php

Alasan yang kedua ini cukup waspadai karena menyangkut bahaya kentut yang mengganggu kesehatan organ dalam yaitu usus. Buang angin secara berlebihan bisa menjadi tanda penyakit radang usus atau yang disebut dengan Inflammatory Bowel Disease (IBD).

Penyakit ini juga merujuk pada penyakit kolitis ulserativa dan Chorn. Gejala yang dirasakan oleh penderita ialah rasa sakit dan pembengkakan pada perut, diare secara berulang dan kelelahan. Jika sudah merasakan indikasi yang demikian, sebaiknya konsultasikan segera pada dokter.


Mengkonsumsi Sayuran Tertentu




Foto: https://www.thelist.com/47045/surprising-foods-cause-gas/

Sayuran memang baik untuk kesehatan. Meskipun demikian, terdapat beberapa jenis sayuran yang bisa menyembuhkan buang angin berlebihan, lho. Misalnya kecambah, brokoli dan kubis. Sayuran-sayuran Ini mengandung karbohidrat yang membuatnya sulit untuk dicerna. Alhasil, semakin lama ia dicerna, perut pun menghasilkan gas.


Syndrome Iritasi Usus




Foto: https://www.medicalnewstoday.com/articles/326332.php

Masih berkaitan dengan kesehatan organ pencernaan. Sering kentut bisa menjadi tanda bahwa kamu mengidap sindrom iritasi usus atau yang lebih dikenal sebagai IBS (Irritable Bowel Syndrome). Kondisi ini terjadi bilamana pencernaan mengalami iritasi. Gejala yang membuat rasa tidak nyaman seperti kram pada perut, kembung, dan sembelit.


Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji




Foto: https://dissolve.com/video/Young-woman-eating-fast-food-hamburger-french-fries-royalty-free-stock-video-footage/001-D431-154-037

Makanan cepat saji sering menjadi solusi bagi kamu yang ingin praktis dan enak. Tetapi, mengonsumsinya secara berlebihan bisa berisiko mengganggu bakteri sehat di dalam usus. Mengonsumsi makanan olahan dan melewatkan asupan sayur dan buah akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar bakteri yang ada di dalam usus. Hal ini memicu produksi gas secara berlebihan. 


Penyakit Kolik




Foto: https://www.medicalnewstoday.com/articles/326332.php

Nah, yang terakhir adalah indikasi adanya penyakit Coeliac. gejala lain yang bisa dirasakan ialah sembelit, gangguan pencernaan dan sakit perut. Penyakit ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan begitu menyakitkan. Biasanya hal ini dipicu oleh asupan gluten yang bisa ditemukan dalam makanan seperti roti pasta dan Sereal.

Ladies bantu Beautynesia jadi lebih baik lagi dengan mengisi survei ini yuk!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id