sign up SIGN UP

LIFE

8 Macam Kue Kering Wajib Saat Lebaran, Ada Favorit Kamu?

Retno Wulandari | Jumat, 30 Apr 2021 16:15 WIB
8 Macam Kue Kering Wajib Saat Lebaran, Ada Favorit Kamu?
caption

Lebaran selalu identik dengan berbagai macam makanan yang disajikan, mulai dari makanan yang berat hingga makanan ringan sebagai camilan saat berkumpul bersama keluarga. Bicara mengenai camilan, kue kering merupakan jenis kue lebaran yang tidak pernah absen disuguhkan saat lebaran.

Dari manis hingga gurih, berikut 8 macam kue kering yang wajib disuguhkan saat lebaran! Apa saja ya?

1. Nastar

8 Macam Kue Kering Saat Lebaran
Foto: Nastar/instagram.com/jktfoodbang

Nastar merupakan jenis kue kering yang tidak pernah absen disuguhkan saat lebaran. Yup, kue kering berisi nanas ini menjadi salah satu kue lebaran favorit banyak orang, sehingga tak lengkap rasanya jika lebaran tidak menyuguhkan nastar di atas meja.

Nastar memiliki rasa yang manis, sehingga kue kering ini disukai oleh semua kalangan khususnya anak-anak. Saat ini nastar hadir dengan beragam bentuk dan varian, seperti nastar berbentuk daun dan nastar yang berisi aneka rasa selain nanas.

2. Putri Salju

8 Macam Kue Kering Saat Lebaran
Foto: Putri Salju/instagram.com/kueku.cookiessolo

Kue lebaran yang memiliki cita rasa manis selanjutnya adalah putri salju. Sama seperti nastar, putri salju juga jadi salah satu kue kering favorit banyak orang saat lebaran. Seperti namanya, putri salju dibalut oleh taburan gula halus yang manis. Untuk teksturnya, kue kering satu ini memiliki tekstur yang lembut. Karena mudah hancur, proses pembuatan putri salju harus dilakukan dengan hati-hati ya.

3. Lidah Kucing

8 Macam Kue Kering Saat Lebaran
Foto: Lidah Kucing/instagram.com/irmadesmayanti

Masih seputar kue kering lebaran yang memiliki cita rasa manis, sepertinya kue satu ini juga tidak pernah absen disuguhkan saat lebaran. Kue lidah kucing memiliki bentuk yang mirip seperti lidah, tipis dan melebar.

Ada banyak kreasi lidah kucing yang bisa dibuat, mulai dari lidah kucing klasik hingga lidah kucing pelangi. Tips agar lidah kucing tidak hancur adalah menggunakan tepung protein rendah dan mentega lalu panggang di suhu yang rendah.

4. Kastangel

8 Macam Kue Kering Saat Lebaran
Foto: Kastangel/instagram.com/pathis_chocolade

Tidak hanya kue kering manis, kue kering dengan cita rasa gurih asin juga jadi incaran banyak orang saat lebaran, salah satunya kastangel. Kue kering satu ini memiliki cita rasa gurih yang khas karena menggunakan tiga jenis keju. Namun ada beberapa orang yang mengganti keju edam dengan kaldu ayam dan solusi ini tidak mengubah cita rasa gurih asin dari kastangel.

[Gambas:Instagram]

5. Kue Sagu

8 Macam Kue Kering Saat Lebaran
Foto: Kue Sagu/instagram.com/bake_nwake

Selain terbuat dari tepung terigu, kue kering saat lebaran juga ada yang terbuat dari tepung sagu, yaitu kue sagu. Meskipun menggunakan bahan yang berbeda, kue sagu sama seperti kue lebaran lainnya yang gurih, renyah, dan enak.

Kue sagu juga bisa dibuat dengan bermacam-macam variasi, salah satunya variasi keju. Jika ingin membuat kue sagu lebih gurih dan renyah, maka tambahkan santan secukupnya. Kemudian panggang menggunakan suhu rendah.

6. Telur Gabus

8 Macam Kue Kering Saat Lebaran
Foto: Telur Gabus/instagram.com/mikegunner

Kue kering yang memiliki cita rasa gurih selanjutnya adalah telur gabus. Yup, kue lebaran satu ini dikenal memiliki cita rasa gurih yang khas dan teksturnya sangat renyah. Oleh karena itu, telur gabus jadi salah satu kue kering yang selalu disuguhkan saat lebaran.

Berbeda dari kue kering sebelumnya, telur gabus merupakan salah satu kue kering yang dimasak tanpa oven. Selain gurih, telur gabus juga bisa dikreasi dengan menambahkan lapisan gula merah pada permukaan kuenya agar memiliki cita rasa manis.

7. Kue Bawang

8 Macam Kue Kering Saat Lebaran
Foto: Kue Bawang/instagram.com/resepanekamasakan

Tidak hanya telur gabus, kue bawang juga jadi salah satu kue kering yang dimasak tanpa menggunakan oven. Kue kering yang dimasak dengan cara digoreng ini jadi salah satu kue kering yang wajib disajikan saat lebaran. Kue kering ini dicetak menggunakan garpu sehingga memiliki bentuk bulat dan bergaris.

8. Stik Bawang

8 Macam Kue Kering Saat Lebaran
Foto: Stik Bawang/instagram.com/fitriadesyanti

Selain kue bawang, stik bawang juga jadi salah satu kue kering yang disukai oleh banyak orang. Bahan membuat stik bawang ini sama seperti membuat kue bawang, bedanya terletak pada proses cetakannya. Jika kue bawang menggunakan bantuan garpu, maka stik bawang menggunakan bantuan penggiling mie untuk mencetaknya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id