sign up SIGN UP

LIFE

Air Putih Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Tapi Ada Aturannya!

Agesti | Kamis, 19 Nov 2020 19:00 WIB
Air Putih Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Tapi Ada Aturannya!
caption

Ada beragam cara untuk menurunkan berat badan mulai dari olahraga hingga menjaga pola makan. Namun, pernahkah kamu mendengar bahwa air putih bisa menurunkan berat badan? 

Air Putih Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi wanita minum air putih.
Air putih memang bisa membantu menurunkan berat badan. Sumber: Unsplah/Chritopher Campbell

Manfaat utama minum air putih adalah menjaga hidrasi tubuh agar tidak kekurangan cairan. Namun, air putih punya manfaat lain yakni menurunkan berat badan.

Seperti dilansir dari EatThis, studi yang diterbitkan di Annals of Family Medicine menyebut bahwa minum air putih potensial membantu menurunkan berat badan. Menurut ahli dalam studi tersebut, seseorang yang minum air putih akan cenderung tidak mengonsumsi minuman tinggi kalori seperti minuman manis atau minuman bersoda. 

Tak berhenti sampai di situ, ketika seseorang sudah memenuhi kebutuhan air di tubuhnya dengan air putih, maka keinginan untuk makan berlebihan juga berkurang. Inilah mengapa, apabila kamu meminum air putih konsisten diimbangi asupan makanan sehat maka tubuh akan mampu membaca isyarat rasa lapar dan kenyang. 

Aturan 

Ilustrasi air putih.
Ada aturan untuk menurunkan berat badan dengan air putih. Sumber: Unsplash/Jana Sabeth

Lalu bagaimana aturan meminum air putih untuk manfaat menurunkan berat badan dengan efektif? Seperti dilansir dari Detik, ada tiga aturan minum aturan yang harus dipatuhi agar manfaatnya bisa optimal. 

Pertama, minum 8 gelas air putih per hari. Bagi sebagian orang, dengan meminum 8 gelas per hari sudah cukup membantu menurunkan berat badan.

Kedua, jika kamu termasuk aktif berolahraga, minum 0,12 hingga 0,24 liter tambahan air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga. 

Ketiga, jika kamu memiliki kelebihan berat badan, maka biasakan meminum air putih dibanding air dengan tambahan apapun seperti gula atau pemanis lainnya. Jumlah air putih yang dikonsumi juga boleh lebih banyak, atau lebih dari 8 gelas per hari karena biasanya kebutuhan cairannnya memang lebih banyak.

Manfaat Jangka Pendek

Ilustrasi diet weight loss
Sayangnya, manfaat menurunkan berat badan dengan air putih hanya bersifat jangka pendek. Sumber: Unsplash/Bill Oxford

Kendati meminum air putih bisa membantu menurunkan berat badan, tetapi sayangnya, manfaat ini hanya berlangsung sementara. Menurut ahli gizi dari Philadelphia, AS, Kelly Jones, MS, RD, CSSD, LDN., menyebut efek minum air putih untuk menurunkan berat badan tidak bisa digunakan dalam jangka panjang.

“Minuman dan makanan yang masuk ke tubuh memberi tekanan pada saraf di saluran pencernaan kemudian ditangkap sebagai sinyal kenyang ke otak. Akan tetapi, hal itu tidak berlangsung lama,” papar Kelly Jones.

Lebih lanjut, Kelly Jones mengatakan bahwa tanpa diimbangi asupan protein, lemak sehat dan serat, maka sinyal rasa kenyang dari minum air putih akan menghilang setelah air keluar dari tubuh lewat urine atau keringat. Akhirnya, seseorang akan merasa sangat lapar.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id