sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Salah, Ini Cara yang Benar Konsumsi Teh Hijau Agar Dietmu Sukses

Dian Purnamasari | Rabu, 18 Nov 2020 21:00 WIB
Jangan Salah, Ini Cara yang Benar Konsumsi Teh Hijau Agar Dietmu Sukses
caption

Siapa yang tidak tahu teh hijau, minuman satu ini memang sudah sejak lama dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bahkan sempat hits dan dijadikan ladang bisnis oleh sebagian orang.

Teh hijau memang memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, salah satu manfaat teh hijau adalah dapat menurunkan berat badan. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh hijau dapat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga pencernaanmu jadi lancar.

Tapi tunggu dulu, ternyata ada aturan dalam mengonsumsi teh hijau agar dietmu sukses, lho. Apa saja itu? Yuk, disimak agar kamu nggak salah saat mengonsumsinya.

1. Minum Teh Hijau Saat Hangat

Seduh teh hijau jangan dengan air mendidih
Green tea/pexels.com

Teh hijau memang bisa dikonsumsi saat hangat atau ditambahkan es agar dingin. Tapi, jika tujuanmu minum teh hijau untuk diet, lebih baik dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Menyeduh teh hijau juga perlu diperhatikan, cara menyeduh yang baik adalah dengan air bersuhu 80 -90 derajat Celcius. Jangan menyeduh teh hijau dengan air yang baru saja mendidih. Karena dapat meluruhkan komponen katekin yang merupakan nutrisi penting pada teh.

2. Minum Tanpa Gula dan Campuran Apa Pun

Minum teh hijau murni agar diet sukses
matcha latte/pexels.com

Jika biasanya saat mengonsumsi teh kamu menambahkan gula, maka kali ini jangan tambahkan gula pada teh hijaumu. Jika ingin dietmu sukses, sebaiknya minum teh hijau murni. Tidak hanya gula, kamu juga tidak boleh menambahkan latte, susu, madu atau jeruk nipis.

3. Minum 3 – 4 Kali Sehari

Konsumsi teh 3 - 4 sehari
Cara Konsumsi Teh Hijau/pexels.com

Agar dietmu semakin sukses, waktu terbaik untuk mengonsumsi teh hijau adalah 3 – 4 kali sehari. Pada pagi hari, sebaiknya kamu minum teh hijau setelah sarapan. Karena meminum teh dalam keadaan perut kosong, dapat merangsang produksi asam lambung.

Saat siang hari, mengonsumsi teh hijau bisa membuatmu semangat melanjutkan pekerjaan. Sore hari setelah pulang kerja, juga bisa jadi waktu terbaik untuk mengonsumsi teh hijau. Karena teh hijau juga dapat membuat tubuh dan pikiranmu rileks. Saat malam hari, kamu bisa mengonsumsinya kembali setelah makan malam.

4. Jangan Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

Jangan minum teh hijau menjelang tidur
sumber foto: pexels.com

Yang perlu juga kamu ingat, jika ingin dietmu sukses, jangan konsumsi teh hijau menjelang tidur. Kamu akan susah tidur, jika mengonsumsinya 2 jam sebelum kamu tidur. Karena teh hijau juga mengandung kafein, meski kandungannya tidak sebanyak kopi.

Kurang tidur justru dapat merusak proses metabolisme tubuhmu, sehingga pembakaran di dalam tubuh jadi tidak optimal. Sebaiknya, minum teh hijau saat malam hari, yaitu 4 jam sebelum waktu tidur.

5. Tetap Atur Pola Makan dan Olahraga

Tetap atur pola makan dan olahraga agar dietmu sukses
olahraga/pexels.com

Sudah melakukan cara tepat dalam mengonsumsi teh hijau, tapi berat badanmu belum juga turun? Tentunya agar dietmu sukses, jangan hanya mengandalkan teh hijau. Kamu tetap harus perhatikan pola makanmu dan rutin berolahraga.

Kamu harus mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Selain itu kamu juga harus berolahraga, agar mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh.  

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id