sign up SIGN UP

LIFE

Ajaib, Ini 4 Jenis Makanan yang Gak Bisa Kadaluarsa Ladies

Jovita | Sabtu, 25 Jul 2020 10:30 WIB
Ajaib, Ini 4 Jenis Makanan yang Gak Bisa Kadaluarsa Ladies
caption

Makanan yang sudah kadaluarsa tidak baik untuk dikonsumsi. Selain bisa menurunkan kualitas, seperti bentuk dan rasa, makanan tersebut juga dapat menganggu kesehatan serta menimbulkan penyakit.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis makanan yang enggak bisa kadaluarsa Ladies? Berikut 4 di antaranya!

1. Madu

Madu Tidak Pernah Kadaluarsa/ Foto: Pixabay.com
Madu Tidak Pernah Kadaluarsa/ Foto: Pixabay.com

Madu merupakan salah satu jenis makanan yang tidak pernah kadaluarsa. Enzim khusus yang terkandung di dalam madu mampu memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kebusukan.


Cara menyimpan madu yang benar adalah dengan menempatkannya di dalam botol atau wadah tertutup untuk menghindari proses kristalisasi. Namun, jika tekstur madu jadi mengeras, cukup letakkan botol madu di dalam wadah yang berisi air hangat dan madu akan mencair kembali seperti semula.

2. Beras putih

Beras Tidak Pernah Kadaluarsa/ Foto: Pixabay.com
Beras Tidak Pernah Kadaluarsa/ Foto: Pixabay.com

Selain menjadi makanan pokok, beras putih juga merupakan jenis makanan yang tidak pernah kadaluarsa. Beras putih tetap bisa kamu konsumsi kapan saja.

Namun, hanya beras putih yang bisa bertahan lama. Beras merah memiliki kandungan minyak alami di dalamnya, sehingga menyebabkannya mudah berbau tengik.

Cara menyimpan beras yang baik adalah dengan menempatkannya di tempat kering dan tidak lembab agar memiliki ketahanan yang lebih lama. Selain itu, menyimpan beras di tempat kering akan menjauhkannya dari kutu. 

3. Garam

Garam Tidak Pernah Kadaluarsa/ Foto: Pixabay.com
Garam Tidak Pernah Kadaluarsa/ Foto: Pixabay.com

Garam juga merupakan jenis makanan yang tidak pernah kadaluarsa. Baik garam laut maupun garam meja merupakan mineral yang berasal dari tanah atau disebut sodium chloride. Hal inilah yang membuat garam bisa bertahan lama. 

Karena bersifat tahan lama dan dapat menurunkan kelembapan, garam seringkali digunakan untuk mengawetkan makanan bahkan jenasah. Namun untuk garam beryodium hanya bisa bertahan sekitar 5 tahun saja karena yodium itu sendiri yang menurunkan kadar keawetan garam.

4. Gula

Gula Tidak Pernah Kadaluarsa/ Foto: pixabay.com
Gula Tidak Pernah Kadaluarsa/ Foto: Pixabay.com

Terakhir, jenis makanan yang tidak pernah kadaluarsa adalah gula. Meskipun, gula halus maupun gula pasir akan menggumpal jika disimpan dalam waktu yang lama, namun bukan berarti bahwa gula tersebut sudah basi.

Agar bisa bertahan lama, perhatikan cara penyimpanan gula. Pastikan gula disimpan dalam wadah kedap udara, sehingga kelembapan tidak dapat masuk. Namun, bagaimanapun juga produsen gula tetap wajib untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id