sign up SIGN UP

Apa yang Terjadi Jika Kita Mengonsumsi Makanan Manis Setiap Hari?

Hani Arifah | Senin, 10 May 2021 04:30 WIB
Apa yang Terjadi Jika Kita Mengonsumsi Makanan Manis Setiap Hari?
caption
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, makanan manis memang selalu menjadi godaan terberat, terlebih saat buka puasa. Sesuai dengan kebiasaan orang Indonesia, makanan dan minuman manis seperti kolak, kue, dan es buah selalu jadi primadona di meja makan.

Foto: pinterest/piknikdong
Ilustrasi makanan manis

Di balik rasanya yang enak dan lezat, makanan manis ternyata menyimpan ancaman bagi kesehatan tubuh kita. Apalagi jika dikonsumsi terus-menerus dengan porsi yang banyak. Banyak hal buruk yang akan terjadi pada tubuh kita jika tidak segera menghentikan kebiasaan ini. Berikut adalah hal buruk yang akan terjadi jika kita mengonsumsi makanan dan minuman manis setiap hari.

Berat Badan Naik

Dikutip dari Hellosehat, jika kita mengkonsumsi makanan manis setiap hari dengan jumlah yang banyak, maka kadar glukosa darah juga semakin meningkat. Hal ini menyebabkan gula sulit diubah menjadi energi dan malah menjadi lemak.

Kerusakan pada Gigi

Mengkonsumsi makanan manis setiap hari dapat meningkatkan resiko kerusakan pada gigi. Sisa-sisa makanan manis yang ada pada gigi rentan sekali membuat gigi berlubang karena sisa makanan tersebut digerogoti oleh bakteri sehingga menjadi asam. Asam inilah yang perlahan akan mengikis lapisan gigi.

Resiko Depresi

Meskipun dapat meningkatkan suasana hati, makanan manis juga beresiko membuat kita merasa depresi jika dikonsumsi secara berlebihan. Dikutip dari Halodoc, kadar gula yang tinggi dapat mempengaruhi keseimbangan senyawa pada bagian otak tertentu. Hal ini dapat menimbulkan gangguan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, dan lain-lain.

Muncul Jerawat

Selain karena bakteri, jerawat juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis makanan. Salah satunya adalah makanan manis. Makanan manis memilih kandungan glukosa yang tinggi. Dilansir dari Alodokter, kandungan glukosa yang tinggi berpengaruh terhadap peningkatan insulin. Hal ini nantinya bisa menyebabkan jerawat.

Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan penyakit jantung. Penderita penyakit jantung dianjurkan untuk menjaga berat badan tetap ideal untuk menghindari kambuh, salah satunya dengan menghindari makanan manis.

Tubuh Mudah Lelah

Selain hal-hal di atas, mengkonsumsi makanan manis berlebih setiap hari juga bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah lesu dan lelah. Hal ini terjadi karena makanan manis tidak bisa diolah dengan baik oleh tubuh dan dapat mengganggu fungsi insulin. Jika sudah begini, maka tubuh akan kekurangan energi dan menjadi mudah lelah.

Diabetes

Mungkin semua sudah tahu bahwa makanan atau minuman manis erat kaitannya dengan diabetes. Makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan kadar glukosa/gula darah yang menyebabkan diabetes. Bagi penderita diabetes, gula darah juga merupakan hal yang sangat dihindari.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id