sign up SIGN UP

LIFE

Tips Makan Enak Anti Begah Saat Lebaran

Rima WK | Selasa, 04 May 2021 18:30 WIB
Tips Makan Enak Anti Begah Saat Lebaran
caption
Jakarta -

Beragam makanan khas muncul saat hari lebaran Idulfitri. Mulai dari kue-kue kering, ketupat beserta opor, hingga manisan-manisan lainnya. 

Diantara makanan khas tersebut, terdapat sejumlah kandungan yang menjadi perhatian untuk asupan tubuhmu, loh. Jangan sampai kamu lengah mengontrol asupan makanan lebaran sehingga membuat perutmu begah. 

Porsi Makanan

Opor ayam.
Opor ayam/Sumber/Pinterest/dreamstime

Hal pertama yang harus diperhatikan agar perutmu tak begah saat mengkonsumsi makanan lebaran agar tidak begah adalah mengatur porsi makan. 

Kamu harus pandai-pandai mengatur porsi yang kamu makan. Jangan mentang-mentang semua menu disajikan kamu bisa makan seluruh sajian dengan porsi banyak dengan alasan 'mumpung lebaran' atau 'cuma bisa dimakan pas lebaran'.

Khususnya, untuk kamu yang menjaga asupan kebutuhan kalori harian juga harus bisa mengatur dengan baik apa saja yang kamu makan. Meski masuk hitungan cheat day, jangan lupa sadar dengan makanan yang masuk ke tubuhmu agar tak mengganggu pencernaan dan metabolisme kamu. 

Waktu Makan

Nastar.
Nastar/Sumber/Pinterest/resepkoki

Tak hanya porsi, waktu makan juga harus diperhatikan saat hari lebaran. Mulai dari pagi hari, sebagai sarapan, usai menjalani salat Id. Misalnya, kamu memakan seporsi ketupat sayur, kemudian pada waktu mengemil bisa makan buah sebagai penyeimbang asupan kamu. 

Begitu juga pada waktu makan siang dan makan malam. Jika ingin mengemil kue kering juga secukupnya saja di sela-sela waktu makan berat kamu. 

Serat dan Air Putih

Air mineral.
Air mineral/Sumber/Pinterest/Healtline.

Menu-menu khas Lebaran yang memiliki tinggi kalori perlu dibarengi dengan sederet kandungan baik untuk menjaga asupan kamu. Misalnya, asupan makanan serat dan air putih. 

Jika kalian tidak menemukan sayur mayur dalam menu makanan khas lebaran, bisa diganti dengan buah-buahan berserat sebagai teman camilanmu. Misalnya, stroberi, pisang dan lainnya. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air putih dan penuhi kebutuhan air dalam tubuhmu. Meski banyak minuman manis khas Lebaran yang disajikan, air putih tetap harus masuk dalam asupan kamu, ya.  Jangan lupa ikuti cara-cara ini agar saat hari Lebaran kalian tetap bisa makan enak tapi enggak begah dan asupan sehat tetap terjaga. Selamat mencoba!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id