sign up SIGN UP

LIFE

Apakah Menggoreng dengan Air Fryer Bikin Makanan Jadi Lebih Sehat?

Dian Aprilia | Rabu, 07 Apr 2021 10:30 WIB
Apakah Menggoreng dengan Air Fryer Bikin Makanan Jadi Lebih Sehat?
caption

Belakangan ini penggunaan air fryer sering dipamerkan di berbagai media sosial. Selain karena sistem kerjanya yang cukup unik, air fryer dinilai sebagai alat penggoreng yang lebih hemat dan sehat. Lantas benar gak sih menggoreng dengan air fryer bikin makanan jadi lebih sehat?

Bagi kamu yang belum tahu, Air Fryer adalah alat masak yang menggunakan udara panas untuk membuat tekstur kering dan renyah di permukaan makanan. Jadi kamu tidak perlu menggunakan minyak sewajan untuk menggoreng, melainkan hanya 1 sdm minyak goreng saja dengan air fryer.

Bagaimana Cara Kerja Air Fryer?

Air Fryer
Air Fryer/images.philips.com

Cara kerja Air Fryer hampir mirip dengan oven. Jadi saat kamu meletakkan makanan ke dalam Air Fryer, maka selanjutnya suhu panas akan tersebar dan mengelilingi makanan dalam kecepatan tinggi. Suhu panas yang tinggi tersebut membuat kandungan air dalam makanan jadi menguap. Hal itulah yang membuat makanan menjadi matang, memiliki tekstur renyah dan enak.

Apa Saja Jenis Makanan yang Bisa Digoreng dengan Air Fryer?

Kentang goreng
Kentang goreng/pexels.com

Apakah semua makanan bisa digoreng dengan air fryer? Iya bisa. Kamu bisa menggoreng berbagai jenis makanan seperti halnya kentang, ayam, ikan, daging, nugget, bakwan, tempe dan lainnya. 

Apakah menggoreng dengan air fryer bikin makanan lebih sehat?

Ayam goreng
Ayam goreng/pexels.com

Menggoreng dengan air fryer hanya membutuhkan sedikit minyak, yakni hanya 1 sdm saja. Hal ini membuat kandungan lemak dan kalori makanan jadi lebih rendah. Untuk itu, makanan yang digoreng dengan air fryer cenderung lebih sehat dibandingkan dengan cara menggoreng biasanya.

Berdasarkan penelitian Santos et al (2017), kentang yang digoreng dengan air fryer memiliki kandungan lemak 70% lebih rendah dibandingkan dengan digoreng dengan cara biasa.

Selain meminimalisir kandungan lemak dan kalori, penggunaan air fryer bisa meminimalisir terbentuknya acrylamide (zat pemicu kanker) yang muncul saat pemasakan sumber makanan kaya karbohidrat dengan suhu tinggi.

Tak hanya itu, penggunaan air fryer nyatanya bisa menghasilkan rasa dan tekstur makanan yang serupa dengan penggorengan biasanya loh. Wah tertarik untuk mencobanya?

Simak tips dan trik penggunaan air fryer berikut ini.

Tips dan Trik Penggunaan Air Fryer 

Gorengan sehat
Gorengan sehat/pexels.com
  • Isi air fryer dengan bahan makanan secukupnya, jangan terlalu banyak karena bisa membuat makanan tidak matang secara sempurna.
  • Atur penempatan makanan dengan renggang dan diberi jarak.
  • Oleskan makanan dengan sedikit minyak dan mentega, agar makanan tidak lengket dan mudah diangkat.
  • Bolak balik bahan makanan agar matang merata.
  • Bersihkan air fryer yang telah digunakan secara berkala agar tidak mudah rusak.
  • Cukup bersihkan dengan lap basah yang diberi sabun dan lap lagi dengan kain basah tanpa sabun.

Itulah penjelasan terkait hasil penggorengan dengan air fryer dan juga tips-trik menggunakannya. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id