sign up SIGN UP

LIFE

5 Makanan Peningkat Metabolisme Tubuh Agar Berat Badan Ideal

Dian Aprilia | Minggu, 04 Apr 2021 11:30 WIB
5 Makanan Peningkat Metabolisme Tubuh Agar Berat Badan Ideal
caption

Salah satu PR besar yang harus kamu selesaikan saat sedang diet adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Sebab dengan metabolisme tubuh yang prima, maka organ-organ di dalam tubuh bisa bekerja maksimal, termasuk organ-organ makanan. Sehingga makanan dan minuman yang masuk bisa dicerna dengan baik dan diubah menjadi energi.

Semakin baik metabolisme tubuh, maka akan semakin baik pula proses pembakaran kalori dalam tubuh. Jadi dengan metabolisme tubuh yang baik kamu bisa menghindari adanya penimbunan kalori yang bisa jadi lemak. Alhasil bisa mencapai berat badan yang ideal. 

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuhmu:

Kopi

Coffee
Coffee/pexels.com

Kabar baik bagi pecinta kopi! Ternyata kopi termasuk dalam deretan makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh lho. Oleh sebab itu, tidak salah jika kopi sering dijadikan minuman penambah energi di kala harus begadang atau fokus bekerja.

Kopi yang efektif meningkatkan metabolisme tubuh adalah kopi hitam tanpa gula. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi bisa membantu merasa lebih berenergi dan meningkatkan daya tahan saat bekerja atau berolahraga. Hindari konsumsi kopi instan terlalu sering karena mengandung pemanis yang bisa berdampak pada obesitas.  

Cabai

Cabai
Cabai/pexels.com

Saat sedang stres berlebihan, kadangkala kita memilih untuk mengonsumsi makanan pedas. Seperti bakso pedas, makaroni pedas, mie samyang, dan lainnya. Hal ini dikarenakan makanan pedas mengandung serotonin yang bisa membantu mengusir stres.

Selain itu, makanan pedas juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mendorong pembakaran lemak. Namun bagi kamu yang memiliki maag dan gangguan pencernaan, kamu perlu berhati-hati. Dan sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan.

Jahe

Jahe
Jahe/pexels.com

Makanan peningkat metabolisme tubuh selanjutnya adalah bagian dari empon-empon yakni jahe. Jahe dikenal sebagai empon-empon antiinflamasi. Selain itu, diketahui jahe juga bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama dan juga efektif untuk menjaga kesehatan usus.

Jahe memiliki kandungan gingerol yang membantu meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran kalori. Selain itu, gingerol juga menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi jahe bisa memberikan efek positif terhadap berat badan dan lingkar pinggang serta pinggul.

Teh Hijau

Green tea
Green tea/pexels.com

Teh hijau termasuk minuman diet yang cukup populer. Sebab teh hijau termasuk minuman yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Teh hijau memiliki kandungan kafein dan katekin, yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa meminum 2-4 cangkir teh hijau bisa membantu pembakaran kalori 17% lebih banyak. Apalagi jika didukung dengan nutrisi makanan yang baik dan seimbang serta olahraga rutin.

Protein

Meat
Meat/pexels.com

Konsumsi protein juga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mengolah protein menjadi asam amino agar bisa dicerna. Oleh sebab itu konsumsi protein bisa membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, makanan tinggi protein juga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu kita menurunkan berat badan. Makanan sumber protein yang bisa kamu makan diantaranya adalah daging tanpa lemak, ayam, ikan, atau kacang-kacangan.

Itulah 5 makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan capai berat badan ideal. Jadikan 5 makanan tersebut sebagai menu list harian saat sedang diet ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id