sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Remehkan, Ini 5 Manfaat Luar Biasa dari Kacang Kedelai

Dian Aprilia | Senin, 05 Apr 2021 21:00 WIB
Jangan Remehkan, Ini 5 Manfaat Luar Biasa dari Kacang Kedelai
caption

Pasti kalian semua sudah tak asing lagi dengan bahan makanan yang satu ini. Yap kedelai seolah sudah jadi makanan sehari-hari orang Indonesia. Kedelai biasa ditemukan dalam berbagai olahan seperti tahu, tempe, tepung kedelai, atau bahkan minyak kedelai.

Saking seringnya konsumsi makanan dari kedelai, tak jarang yang mengeluh karena merasa bosan dan jenuh dengan makanan yang satu ini. Padahal, banyak sekali manfaat dan kebaikan dari kedelai yang bakal bikin kamu ketagihan untuk mengonsumsinya.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 manfaat kedelai yang baik bagi kesehatan tubuh:

Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang
Tulang/pexels.com

Kedelai termasuk makanan yang kaya akan kalsium, protein, dan antioksidan isoflavon yang baik. Dengan kandungan tersebut membuat kedelai bermanfaat untuk menguatkan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kedelai juga terbukti bisaa mengurangi risiko terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang pada lansia.

Meredakan Nyeri Saat Haid

Haid
Haid/pexels.com

Para wanita juga wajib konsumsi kedelai, bahkan bila perlu jadwalkan secara rutin. Pasalnya, kedelai sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri yang berlebihan saat menstruasi.

Selain itu, kandungan isoflavon pada kedelai juga bisa mengurangi hot flash (perasaan hangat yang muncul tiba-tiba di area wajah, leher dan dada) yang biasanya dialami saat menstruasi.

Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi penyakit kolesterol
Ilustrasi/pexels.com

Selain oatmeal, pisang, teh hijau, kamu bisa konsumsi kedelai jika mengalami masalah kadar kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan beberapa penelitian menyatakan bahwa kacang kedelai bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Sebab kacang kedelai memiliki kandungan isoflavon yang tinggi sehingga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dari dalam darah. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk susu kedelai, tempe dan juga tahu.  

Mengurangi Risiko Kanker

Ilustrasi kanker payudara
Ilustrasi kanker payudara/pexels.com

Manfaat kacang kedelai yang tak kalah pentingnya adalah mengurangi risiko terjadinya kanker. Sebab kedelai memiliki kandungan fitonutrien dan antioksidan isoflavon yang tinggi. Kedua zat tersebut berguna mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara.

Isoflavon termasuk agen antikanker yang melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Sehingga memperbanyak konsumsi kedelai bisa melindungi diri dari potensi kanker.

Menurunkan Berat Badan

Overweight
Overweight/pexels.com

Salah satu menu andalan saat sedang diet adalah kacang-kacangan termasuk kedelai. Hal ini dikarenakan, kedelai memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa menjaga kestabilan berat badan.

Selain itu kedelai juga memiliki indeks glisemik rendah (GI) yang berperan untuk mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Diketahui, hal tersebut membuat seseorang bisa mengontrol rasa lapar dengan baik. Saat diet kamu bisa mengonsumsinya dalam berbagai bentuk, seperti susu kedelai, kedelai rebus, snack kemasan soyjoy, tahu, tempe dan lainnya.

Itulah 5 kebaikan dari kedelai, karena manfaatnya sangat besar, sebaiknya konsumsi kedelai secara rutin ya agar kamu dan keluarga sehat selalu dan terhindar dari penyakit. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id