sign up SIGN UP

LIFE

Badan Kamu Terlalu Kurus? Inilah Faktor Penyebab dan Cara Mengatasinya

Intan Dwi | Selasa, 28 Jan 2020 10:28 WIB
Badan Kamu Terlalu Kurus? Inilah Faktor Penyebab dan Cara Mengatasinya
caption
Banyak orang yang resah dengan keadaan berat badan yang berlebihan, karena itu mereka sering kali mengeluhkan hal tersebut. Tapi siapa sangka, memiliki tubuh yang terlalu kurus juga sama resahnya dan juga membuat mereka mengeluh dengan kondisi tubuhnya yang kurus.

Tidak hanya berat badan yang berlebih, memiliki tubuh yang terlalu kurus juga membuat seseorang kurang percaya diri.  Banyak orang menganggap, memiliki tubuh yang kurus enak dan nyaman. Tapi bagi sebagian orang yang memiliki tubuh kurus terkadang menganggap dirinya tak sedap untuk dipandang.

Selain itu, tubuh yang kurus juga tidak selalu dalam keadaan yang sehat. Mereka juga bingung apa faktor yang membuat dirinya tidak gemuk-gemuk, apalah faktor keturunan, kekurangan nutrisi atau suatu kondisi yang harus diwaspadai?
 
Bagi kamu yang memiliki badan terlalu kurus, kamu harus mengetahui dengan jelas apa penyebabnya. Karena dengan badan yang terlalu kurus itu dapat merusak kesehatan dan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh kamu yang lemah. Selain itu, juga dapat menyebabkan kekurangan energi, kelemahan tulang (osteoporosis), anemia bahkan gangguan kesuburan. Kamu dapat melihat perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) atau BMI untuk mengetahui apakah badan kurus kamu termasuk underweight yang tidak sehat?
 
Berikut ini faktor penyebab badan kurus yang harus kamu ketahui:
 


Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat


Foto: Istimewa

Bagi kamu yang sudah makan banyak pasti bingung ‘kok enggak gemuk-gemuk sih?’ Meskipun kamu sudah mengonsumsi banyak makanan, bukan berarti makanan yang kamu konsumsi sehat untuk tubuh kamu. Jika kamu asal konsumsi jenis makanan, hati-hati nanti itu akan berdampak negatif untuk badan kamu yang membuat gizi dan kalori yang dibutuhkan tidak terpenuhi.
 


Makanan yang Dikonsumsi Tidak Seimbang dengan Jumlah Energi yang Dikeluarkan


Foto: Istimewa

Jika kamu memiliki segudang aktivitas fisik yang berat, seperti olahraga terlalu sering atau mengerjakan pekerjaan berat. Hal itu ternyata juga dapat memengaruhi berat badan kamu, karena dengan aktivitas yang dikerjakan itu akan banyak membakar kalori pada tubuh.
 


Faktor Genetik


Foto: Istimewa

Dari lahir memiliki postur tubuh yang terlalu kurus? Atau orang tua dan keluarga memiliki postur tubuh kurus? Untuk yang satu ini kamu enggak perlu khawatir, badan kurus yang kamu dapatkan ini mungkin karena faktor keturunan dari orang tua dan keluarga kamu. Karena beberapa orang ada yang terlahir dengan metabolisme lebih tinggi dan dari segi medis tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
 


Masalah Psikologis


Foto: Istimewa

Ini mungkin menjadi salah satu penyebab yang paling parah, yaitu kesehatan mental seperti stress, depresi dan gangguan makan (anoreksia dan bulimia). Selain itu, masalah emosional juga dapat memengaruhi kebiasaan nafsu makan kamu yang bisa berdampak pada penurunan berat badan.
 


Mengalami Gangguan Kesehatan


Foto: Istimewa

Jenis penyakit yang menyebabkan diare, mual hingga muntah dalam jangka waktu yang cukup sering. Hal itu pun dapat memengaruhi tubuh kamu tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik. Selain itu penyakit kronis, seperti tiroid, diabetes, kanker dan lain-lain juga bisa menurunkan nafsu makan yang menyebabkan tubuh kamu kurus.
 


Cara Mengatasi Tubuh yang Terlalu Kurus:


Foto: Istimewa

Asupan Kalori, kamu dapat mengganti sarapan kamu dengan susu dan roti yang berisi keju dan alpukat. Camilannya pun juga bisa kamu ganti dengan aneka kacang-kacangan, buah, gandum dan sebagainya.

Melakukan Olahraga, Meskipun olahraga berat bisa membakar banyak kalori, tetapi untuk mengatasi tubuh kurus kamu olahraga tetap diperlukan. Kamu bisa melakukan angkat beban atau yoga yang bisa membantu menaikkan berat badan dengan membangun otot-otot kamu.

Konsumsi Makanan yang Padat Gizi, jurangi makan-makanan junk food, lebih baik konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Kamu bisa makan-makanan padat gizi ke menu harian kamu, seperti daging sapi rendah lemak, daging ayam tanpa kulit dan keju.


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id