sign up SIGN UP

LIFE

Banyak yang Tak Suka, Ini 5 Kebaikan Oatmeal Untuk Diet dan Kesehatan

Dian Aprilia | Selasa, 12 Jan 2021 12:30 WIB
Banyak yang Tak Suka, Ini 5 Kebaikan Oatmeal Untuk Diet dan Kesehatan
caption
Jakarta -

Oatmeal seringkali disebut-sebut sebagai menu makanan yang cocok untuk para pejuang diet. Tak hanya itu, ahli gizi juga kerap menyarankan pasien penyakit jantung ataupun diabetes untuk rutin konsumsi oatmeal.

Hal ini dikarenakan oatmeal bisa menjaga kadar kolesterol dan gula darah agar tetap normal. Banyak sekali manfaat-manfaat kesehatan yang didapatkan dari konsumsi oatmeal secara rutin. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 kebaikan oatmeal bagi kesehatan:

Menurunkan kolesterol

Oatmeal
Oatmeal/pexels.com


Sebagaimana kita tahu, LDL adalah pemicu utama pada penyakit kronis seperti stroke dan jantung. Oleh sebab itu, orang yang mengalami dua penyakit tersebut disarankan untuk mengonsumsi oatmeal secara rutin. Kamu bisa mengonsumsinya saat sarapan pagi dan mencampurnya dengan berbagai komponen makanan lainnya agar rasanya lebih nikmat.

Seperti halnya yang disebutkan di atas, oatmeal kaya akan kandungan serat larut yaitu jenis serat yang sama dengan serat apel dan pir. Jenis serat larut inilah yang diketahui bisa menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat pada tubuh.

Melindungi kesehatan jantung

Oatmeal
Oatmeal/pexels.com

Oatmeal mengandung senyawa kimia lignan yang ampuh mencegah penyakit kardiovaskular, seperti halnya penyakit jantung. Selain oatmeal, lignan juga terdapat pada berbagai makanan lainnya seperti aprikot, biji rami, serta brokoli.

Sebuah penelitian mengungkapkan penderita risiko gagal jantung bisa menurunkan risikonya dengan mengonsumsi 1 mangkok oatmeal setiap hari.

Membantu menurunkan berat badan

Oatmeal
Oatmeal/pexels.com

Oatmeal populer sebagai makanan yang baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung banyak serat sehingga membantumu kenyang lebih lama. Oatmeal diyakini juga ampuh mengendalikan berat badan.Hal ini dikarenakan oat membantu metabolisme tubuh berjalan lancar.

Penelitian mengungkapkan orang yang mengonsumsi oatmeal secara teratur bisa memiliki bobot tubuh lebih rendah, lingkar pinggang lebih kecil, dan indeks massa tubuh lebih rendah.

Kaya Nutrisi

Oatmeal
Oatmeal/pexels.com

Tak berlebihan jika oatmeal disebut sebagai makanan yang kaya nutrisi. Pasalnya, setengah cangkir gandum utuh kering mengandung 4 gram serat yang bisa memenuhi 14 persen dari target minimum harian, selain kandungan 5 gram protein nabati. 

Karbohidrat gandum juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk zat besi, magnesium, seng, selenium, vitamin B, dan sedikit kalsium dan kalium.
Oatmeal diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral, tetapi rendah kalori. Sehingga oatmeal bisa menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal.

Mencegah sembelit

Oatmeal
Oatmeal/pexels.com

Sembelit adalah masalah pencernaan yang umum dan banyak orang yang pernah mengalaminya. Bagi kamu yang sembelit, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi oatmeal. Serat dalam oatmeal bisa bermanfaat untuk menjaga limbah di saluran pencernaan tetap bergerak, sehingga bisa mengatasi sembelit.

Itulah 5 kebaikan oatmeal yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Meski tekstur dan rasanya yang hambar kerap tidak disukai, tapi kandungan dan berbagai manfaat yang didapatkan membuat kita ingin mengonsumsinya secara rutin.

Namun kamu tak perlu khawatir, sebab kamu bisa mengkreasikan oatmel dengan berbagai bahan makanan lainnya. Kamu bisa membuatnya manis dengan paduan susu dan berbagai buah-buahan. Atau membuat sajian savory dengan suwiran daging ayam layaknya bubur ayam. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id