sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Cuma Melancarkan Pencernaan, Ini 5 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan

Dian Aprilia | Jumat, 23 Apr 2021 09:00 WIB
Bukan Cuma Melancarkan Pencernaan, Ini 5 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan
caption

Siapa yang suka buah pepaya? Buah pepaya dikenal sebagai buah yang efektif untuk melancarkan pencernaan. Oleh sebab itu, buah ini seringkali dikonsumsi sebagai pereda sembelit. Pepaya mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin B1, B3, B5, K, likopen, serat, kalsium dan banyak lagi lainnya.

Sehingga tak heran jika pepaya memiliki peranan yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Tak hanya melancarkan pencernaan, berikut beautynesia.id merangkum 5 khasiat pepaya untuk kesehatan:

Menyehatkan Mata

Mata
Mata/pexels.com

Pepaya termasuk buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan pepaya mengandung mineral, antioksidan, enzim dan vitamin A yang membantu proses metabolisme sel pada mata. Alhasil konsumsi buah pepaya bisa membantu kinerja sel mata sehingga bisa lebih optimal.

Menurunkan Stres

Stres
Stres/pexels.com

Selain vitamin A, buah pepaya juga mengandung vitamin C. Vitamin C dikenal ampuh untuk mengurangi stres. Menurut penelitian dari University of Alabama diketahui ternyata pepaya berperan untuk mengatur aliran hormon stres. Selain konsumsi makanan pedas, kamu juga bisa konsumsi pepaya saat sedang stres.

Menunda Penuaan

Awet muda
Awet muda/pexels.com

Siapa sih yang tidak ingin awet muda? Meski usia sudah dewasa atau bahkan lanjut usia, tentu kita tetap ingin memiliki wajah cantik, segar dan juga indah. Nah untuk mencapai hal tersebut, kamu bisa membiasakan diri mengonsumsi buah pepaya. Nutrisi dalam pepaya seperti vitamin C, E dan juga antioksidan efektif membantu menunda proses penuaan.

Kandungan tersebut juga bisa mencegah kulitmu dari radikal bebas dan berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari dan juga kerutan.

Mengusir Cacing dan Parasit

Tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan, ternyata biji pepaya terbukti ampuh membunuh cacing dan parasit dalam usus. Hal ini dikarenakan biji pepaya mengandung alkaloid yang disebut carpaine. Oleh sebab itu, biji pepaya biasanya sering jadi obat cacing keremi.

Kamu bisa mengonsumsi biji pepaya dengan mengeringkannya terlebih dahulu, dihaluskan, kemudian simpan dalam wadah untuk dikonsumsi. Sebab banyak sekali kebaikan yang didapat dari konsumsi biji pepaya.

Mengatur Tekanan Darah

Tekanan darah
Tekanan darah/pexels.com

Pepaya mengandung carpaine yang berperan untuk mengurangi tekanan darah. Jadi buah ini cocok dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit serius seperti gagal jantung, gagal ginjal dan juga stroke.

Nah itulah 5 kebaikan dan manfaat dari buah pepaya, selain melancarkan pencernaan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan makan langsung, mengolahnya jadi jus, bahan untuk rujak manis dan berbagai macam olahan lainnya. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id