sign up SIGN UP

LIFE

Cari Tahu Manfaat dan Makanan Tinggi Antioksidan, Baik untuk Kulit dan Tubuhmu

Dimitrie Hardjo | Rabu, 21 Jul 2021 07:30 WIB
Cari Tahu Manfaat dan Makanan Tinggi Antioksidan, Baik untuk Kulit dan Tubuhmu
caption

Perawatan kulit terbaik dilakukan dengan cara memerhatikan apa yang kita konsumsi. Makanan bergizi seimbang dan mempunyai kandungan baik untuk kulit akan mempercantik kulit secara alami.

Salah satu kandungan dalam makanan yang baik untuk kulit tersebut adalah antioksidan. Walaupun saat ini banyak produk skincare dengan antioksidan sebagai kandungan utamanya, akan lebih baik jika kita mendapatkannya secara langsung dari makanan yang kita konsumsi, kare akan banyak manfaat lainnya yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Sebelum mengetahui makanan apa saja yang tinggi antioksidan, ketahui dulu yuk manfaat antioksidan berikut ini, Beauties!

Manfaat Antioksidan 

Manfaat antioksidan untuk tubuh dan kulit.
Manfaat antioksidan untuk tubuh dan kulit. Foto: pexels.com/rodolfoquiro/

Manfaat utama dari antioksidan yaitu menetralkan radikal bebas. Mengutip betterhealth.vic.gov.au, radikal bebas pada tubuh yang dapat merusak sel otak, mempercepat proses penuaan, dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Beberapa studi mengungkapkan bahwa suplemen antioksidan tidak bekerja sebaik antioksidan alami yang terdapat dalam makanan, seperti sayur dan buah lho!

Selain itu, melansir dermstore.com, antioksidan dapat membantu perbaikan sel kulit dengan mengurangi inflamasi yang terjadi pada kulit dan mencerahkan warna kulit dengan cara mengontrol produksi melanin.

Makanan Tinggi Antioksidan

Makanan tinggi antioksidan.
Makanan tinggi antioksidan. Foto: pexels.com/publicdomainpictures/

Nah, setelah mengetahui banyaknya manfaat antioksidan untuk tubuh dan kulit, saatnya kamu cari tahu makanan apa saja yang kaya akan kandungan tersebut. Berikut adalah makanan tinggi antioksidan yang dapat kamu konsumsi seperti yang dilansir dari Healthline, Beauties!

Dark Chocolate

Kabar baik bagi kamu pecinta cokelat, cokelat jenis dark tidak hanya lezat, tapi juga kaya antioksidan. Karena kandungan kokoa dalam dark chocolate lebih banyak dibandingkan cokelat pada umumnya, yaitu mencapai 15 mmol antioksidan per 100 gram, maka mineral dan antioksidan yang terdapat di dalamnya pun lebih banyak. Jadi, antioksidan dari dark chocolate ini tidak hanya baik untuk keremajaan kulit, tapi juga untuk mengurangi risiko penyakit jantung juga lho!

Blueberry

Buah berwarna biru keunguan kecil ini kecil-kecil cabe rawit. Selain rendah kalori, buah blueberry penuh dengan nutrisi dan antioksidan.

Bahkan, beberapa studi menunjukkan kalau blueberry memiliki kandungan antioksidan tertinggi diantara buah dan sayuran, yaitu sekitar 9.2 mmol per 100 gram. Antioksidan yang terdapat di dalamnya tidak hanya dapat menetralkan radikal bebas, tapi antioksidan tipe anthocyanins dalam blueberry juga mengurangi risiko penyakit jantung, kadar kolesterol, dan tekanan darah.

health eatmakanan antioksidan/ Foto: Freepik.com/senivpetro

Strawberry dan Raspberry

Buah-buahan berwarna merah ini ternyata tinggi vitamin C dan antioksidan juga lho, Beauties! Strawberry memiliki antioksidan sebanyak 5.4 mmol, sedangkan raspberry 4 mmol per 100 gram. Keduanya memiliki antioksidan tipe anthocyanin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kacang

Tidak hanya tinggi serat, kacang juga memiliki berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Kandungan antioksidan dalam kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang merah, lentil, dan lainnya juga relatif tinggi. Selain itu, beberapa kacang, seperti kacang pinto juga mengandung antioksidan tipe kaempferol yang dapat mengurangi inflamasi dan menghambat pertumbuhan kanker.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti kale, bayam, dan lain-lain kaya akan vitamin, seperti vitamin C, E, dan A, serta nutrisi lainnya seperti kalsium, magnesium, dan potassium. Sayuran bayam juga memiliki antioksidan  lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas yang berasal dari sinar UV dan gelombang sinar lain yang membahayakan.

Nah, itu dia beberapa makanan tinggi antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulitmu. Jangan lupa untuk dicoba ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id