sign up SIGN UP

LIFE

Cobain, Beragam Jenis Mie Korea yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan!

Dian Purnamasari | Senin, 23 Nov 2020 09:00 WIB
Cobain, Beragam Jenis Mie Korea yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan!
caption

Saat menonton drama Korea, kamu tidak hanya terpesona dengan akting dan visual para pemainnya saja. Tapi kamu juga dibuat terpesona dengan beragam makanan Korea, yang kerap ditampilkan dalam drama. Tidak heran, salah satu adegan yang ditunggu-tunggu dalam drama Korea adalah, adegan saat makan bersama.

Biasanya dalam adegan ini akan diperlihatkan, meja yang penuh dengan beragam jenis makanan Korea. Pastinya bikin kamu jadi lapar dan ingin mencoba mencicipinya.

Mukbang Scene
Source: Youtube.com/The Swoon

Berkat banyaknya peminat drama Korea di Indonesia, membuat menjamurnya bisnis kuliner Korea di Indonesia. Kamu kini tidak perlu lagi jauh-jauh ke Korea, hanya untuk mencoba makanan yang kamu lihat di drama Korea.

Dari sekian banyak jenis makanan Korea, salah satunya yang hits adalah makanan berbahan dasar mie. Siapa yang tidak suka mie? Apalagi di Indonesia, mie juga jadi salah satu bahan dasar makanan yang disukai banyak orang.

Nah, kalau kamu pencinta mie dan penasaran ingin mencoba jenis-jenis mie, yang biasa kamu temui di drama Korea. Kamu lihat dulu rekomendasi makanan Korea berbahan dasar mie, yang wajib kamu coba:

1. Ramyeon

ramyeon mie instan korea
Source: ramyeon/quora.com

Bicara makanan Korea berbahan dasar mie, pastinya tidak akan lepas dari Ramyeon. Ramyeon adalah mie instan Korea yang bisa dengan mudah kamu temukan di supermarket.

Ramyeon memiliki rasa pedas disertai dengan kuah yang merah, kamu juga bisa menambahkan telur, daun bawang atau kimchi jika suka. Mie satu ini yang paling sering muncul di drama Korea, dan paling enak disantap bersama teman-teman saat masih hangat. Kamu juga bisa mencoba cara makan ramyeon ala orang Korea, lho. Yaitu memakannya langsung dari panci dan menjadikan tutup pancinya sebagai piring.

2. Japchae

Japchae makanan korea yang mirip bihun atau soun
Source: instagram.com/noodleking_

Kalau melihat penampilan dari mie yang satu ini, pasti nggak asing ya buat kamu. Karena tampilan makanan satu ini memang mirip dengan masakan Indonesia, yaitu bihun atau soun goreng. Japchae sendiri merupakan mie yang terbuat dari tepung ubi. Biasa dimasak dengan cara ditumis dengan minyak wijen, serta ditambahkan sayuran seperti wortel dan jamur sebagai pelengkapnya.

3. Nangmyeon

Nangmyeon, mie dingin ala korea
Source: Nangmyeon/straitstimes.com

Nah, buat kamu pencinta drama Korea, mie satu ini juga pasti nggak asing deh. Ya, mie dingin atau dengan nama Koreanya Nangmyeon. Mie ini memang disajikan dengan kuah yang diberi es batu agar dingin. Orang Korea biasa menyantapnya saat musim panas.

Nangmyeon sendiri merupakan mie gandum yang disiram dengan kuah kaldu sapi, disajikan dengan tambahan mentimun, lobak, potongan daging dan telor rebus di atasnya. Nangmyeon juga bisa disajikan tanpa kuah, lho. Ia disebut bibim nangmyeon, dan disajikan dengan saus gochujang dengan cita rasa pedas.

Penasaran kan, seperti apa sih makan mie dengan kuah yang dingin? Oh, iya, fakta menarik tentang nagmyeon. Ternyata nangmyeon adalah makanan asli Korea Utara yang kemudian popular juga di Korea Selatan.

4. Jjampong

Jjampong mie kuah lengkap dengan seafood yang enak
Source: instagram.com/noodleking_

Kamu yang kemaren sempat menonton drama Record of Youth, pasti sering dengar kata ini deh. Jjampong Entertainment, sebuah nama agency artis yang didirikan oleh manager Sa Hae Jun ini, memang sebenarnya adalah nama makanan. Karena manager-nya lebih suka jjamppong daripada jjajangmyeon.

Jenis mie yang dipakai untuk jjampong sebenarnya sama dengan jjajangmyeon, hanya penyajiannya yang berbeda. Jjampong disajikan dengan kuah merah pedas, ditambah dengan beragam seafood dan sayuran. Sepertinya Jjampong nikmat ya dimakan saat hujan? Kuah pedas segarnya pasti akan menambah nafsu makanmu.

5. Jjajangmyeon

Mie korea yang mirip goreng
Source: Instagram.com/noodleking_

Ada jjamppong, pastinya ada jjajangmyeon, mie yang memiliki tampilan mirip dengan mie goreng ini juga jadi salah satu primadona makanan Korea. Jjajangmyeon disajikan dengan saus pasta kacang kedelai hitam, ditambah dengan irisan bawang bombai dan daging.

Menyantap jjangjangmyeon dengan tekstur creamy ini pastinya nikmat banget ya. Sekarang kamu sudah bisa dengan mudah, menemukannya jjangjangmyeon di Indonesia kok.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id