sign up SIGN UP

LIFE

Dear Penderita PCOS, Pastikan 4 Nutrisi Penting Ini Ada di Sumber Makanan Alami Kamu

Dian Aprilia | Jumat, 02 Apr 2021 14:30 WIB
Dear Penderita PCOS, Pastikan 4 Nutrisi Penting Ini Ada di Sumber Makanan Alami Kamu
caption

PCOS adalah singkatan dari Polycystic Ovarian Syndrome. Kondisi ini menyebabkan wanita mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon maskulin yang berlebihan. Hal ini mengakibatkan sel telur tidak bisa berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara rutin.

Bagi kamu yang mengalami PCOS, sangat penting untuk memiliki pola hidup yang bagus. Biasanya dokter akan meminta penderita PCOS untuk menjalani olahraga secara teratur serta diet rendah kalori. Berikut beautynesia.id telah merangkum nutrisi dan sumber makanan yang baik untuk penderita PCOS:

Vitamin B12

Sumber vitamin B12
Sumber vitamin B12/pexels.com

Biasanya pengidap PCOS diberikan obat Metformin untuk menurunkan berat badan dan membantu diet pada penderita PCOS. Hal ini menyebabkan tubuh rentan kekurangan vitamin B12. Akibatnya bisa menyebabkan kerusakan syaraf dan juga penurunan energi.

Untuk itu bagi penderita PCOS diharapkan memenuhi kebutuhan vitamin B12 sebanyak 200 mcg/hari. Hal ini bisa didapatkan dari konsumsi ikan, telur, daging ayam dan berbagai makanan dengan rendah lemak.

Zinc

Sumber zinc
Sumber zinc/pexels.com

Nutrisi selanjutnya yang dibutuhkan oleh penderita PCOS adalah Zinc. Zinc adalah nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, menurunkan kadar insulin, mengurangi inflamasi (peradangan), dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan zinc dengan mengonsumsi berbagai makanan seperti buncis, kacang tanah, kacang mede, kentang, kangkung, dan kacang hijau. Selain itu kamu bisa mengonsumsi suplemen zinc untuk memastikan pemenuhan kebutuhan nutrisi tersebut.

Vitamin D

Sumber vitamin D
Sumber vitamin D/pexels.com

Vitamin D memiliki peranan penting untuk mengurangi gejala PCOS. Sebab vitamin D bisa mengurangi resistensi insulin dan juga menurunkan produksi hormon maskulin atau hormon androgen.

Vitamin D juga sangat bagus untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh utamanya lemak. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari sumber alami seperti ikan, biji-bijian, bayam, kangkung dan beragam sayuran hijau lainnya.

Omega 3

Sumber omega-3
Sumber omega-3/pexels.com

Nutrisi selanjutnya yang penting untuk penderita PCOS adalah Omega-3. Sebab nutrisi ini sangat bagus untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormon. Selain itu omega-3 juga bagus untuk meningkatkan penglihatan, kesehatan otak, mengontrol tingkat stres, mengurangi peradangan, dan mengontrol berat badan.

Kamu bisa mendapatkan nutrisi omega-3 dari ikan salmon, ikan makarel, sarden, tiram, ikan teri dan lainnya. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen omega-3 untuk melengkapi kebutuhanmu.

Itulah 4 nutrisi yang penting dikonsumsi bagi penderita PCOS, sebab bisa membantu menyehatkan tubuh serta menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Tips terakhir yang perlu kamu lakukan adalah makan secara teratur untuk menurunkan resistensi insulin dan juga menurunkan hormon androgen.

Kamu bisa makan sebanyak 6 kali dengan jeda 3-4 jam sekali untuk menghindari lonjakan gula darah secara drastis. Semoga selalu diberikan kesehatan, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id