sign up SIGN UP

LIFE

Diet Semangka Bisa Turunkan Berat Badan dalam 5 Hari, Ini Efek Sampingnya

Anindya Milagsita | Kamis, 18 Jul 2019 13:00 WIB
Diet Semangka Bisa Turunkan Berat Badan dalam 5 Hari, Ini Efek Sampingnya
caption
Beautynesian, berbagai program diet kini hadir memberikan pilihan bagi para kaum hawa yang ingin menurunkan berat badan. Mulai dari yang biasa hingga ekstrem, berbagai program diet tak pernah sepi peminat. Salah satu jenis diet yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan adalah diet semangka. Ada beberapa orang yang mengklaim dirinya berhasil menurunkan berat badan melalui program diet semangka ini. Tapi ternyata, dibalik sehatnya buah segar yang satu ini, tersimpan ancaman bahaya kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Penasaran apa saja efek samping dibalik diet semangka yang bisa turunkan berat badan dalam 5 hari? Simak artikel berikut ini!

Apa itu diet semangka? Diet semangka menjadi salah satu jenis diet yang menggunakan semangka sebagai pengganti energi yang kaya akan air dan juga rendah kalori. Pola konsumsi semangka pada program diet ini adalah dilakukan beberapa kali dalam sehari: pada pagi, siang, sore, dan malam hari. Pola konsumsi inilah yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. 


1. Bikin Keseringan Buang Air Kecil


Gangguan kesehatan yang bisa terjadi akibat melakukan program diet semangka yang pertama adalah membuatmu sering buang air kecil. Hal ini dapat terjadi jika kamu mengonsumsi buah semangka di malam hari. Semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan pada malam hari dapat memicu peningkatan aktivitas buang air kecil. 


Foto: https://www.freepik.com/

2. Bisa Menunda Proses Pencernaan


Mengonsumsi semangka di malam hari juga dapat menyebabkan tertundanya proses pencernaan. Pada malam hari, proses pencernaan cenderung lebih lambat. Kandungan sedikit asam pada buah semangka menyebabkan tertundanya proses pencernaan ketika tubuh sedang tidak aktif. 



Foto: https://www.freepik.com/

3. Bisa Menimbulkan Masalah Pencernaan


Selain menunda proses pencernaan, diet semangka juga bisa menimbulkan masalah pencernaan. Efek samping gangguan pencernaan terjadi lantaran semangka mengandung lycopene yang jika takarannya berlebih bisa menyebabkan timbulnya diare, susah buang air besar, mual, kembung, hingga muntah.


Foto: https://www.freepik.com/

4. Bisa Menyebabkan Kelebihan Potasium


Last but not least, keluhan lain yang bisa saja muncul adalah kelebihan potasium. Semangka dikenal sebagai buah yang kaya akan potasium. Mengonsumsi semangka secara berlebihan menyebabkan kadar potasium otomaits berlebih. Hal ini menyebabkan kondisi kesehatan yang kurang baik, yaitu dapat menurunkan tekanan darah hingga menyebabkan rasa lemas dan juga pusing.


Foto: https://www.freepik.com/

Jadi, masih tertarik kah kamu untuk melakukan diet semangka ini? Meski belum ada penelitian ilmiah mengenai keberhasilan maupun bahaya diet yang satu ini, sebaiknya tetap konsultasikan program diet kamu kepada dokter ya, Ladies.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id