sign up SIGN UP

Dikenal Sangat Lezat, Ini Alasan Mengapa Daging Wagyu Miliki Harga 'Nggak Masuk Akal'

Tim Redaksi CNBC | Jumat, 24 Sep 2021 13:00 WIB
Dikenal Sangat Lezat, Ini Alasan Mengapa Daging Wagyu Miliki Harga 'Nggak Masuk Akal'
caption
Jakarta -

Memakan daging sapi biasa mungkin sering kamu rasakan. Tapi pernahkah kamu memakan dan merasakan kelezatan sepotong daging Wagyu, Beauties?

Daging yang berasal dari Jepang ini dikenal sebagai daging dengan cita rasa yang enak, bertekstur empuk, dan memiliki harga selangit. Adapun arti dari kata wagyu adalah Wa yang berarti Jepang dan Gyu berarti daging sapi.

Ilustrasi oleh SteakDaging Wagyu/ Foto: Freepik.com/stockking

Umumnya ada empat ras utama yang digunakan untuk produksi Wagyu di Jepang. Mulai dari Japanese Black, Japanese Brown, Japanese Shorthorn, dan Japanese Polled (persilangan Aberdeen Agus).

Sedangkan untuk Wagyu modern biasanya merupakan persilangan antara keturunan sapi asli dengan keturunan sapi impor. Adapun yang terkenal secara internasional adalah daging sapi Kobe, yang berasal dari Tajima-gyu dari Prefektur Hyogo.

Diproduksi dalam jumlah sangat kecil, kita akan sulit menemukan daging sapi Kobe di luar Jepang. Haruyuki Yamashita, Koki Eksekutif dan Pemilik Haruyuki Yamashita Tokyo dan Syun di Resorts World Sentosa, Singapura, mengungkapkan penyebab daging ini sangat berharga karena daging ini telah memenuhi standar yang ditetapkan secara ketat.

"Daging kobe harus memenuhi standar yang ditetapkan secara ketat dan hanya (sebagian kecil) yang dapat disertifikasi sebagai Kobe-gyu. Tidak semua Wagyu yang diproduksi di Kobe dapat dijual sebagai Kobe-gyu," kata Yamashita, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (24/9).

Ilustrasi oleh SteakIlustrasi oleh Steak/ Foto: Freepik.com/pixabay

Di Indonesia sendiri, kita dapat menemukan daging Wagyu di restoran dan supermarket. Harga yang ditawarkan pun cukup lumayan merogoh kocek dalam. Jika biasanya kita bisa mendapatkan daging sapi dengan harga Rp100 ribuan untuk 1kg, berbeda halnya dengan daging Wagyu.

Daging Kobe Wagyu salah satunya, untuk mendapatkan 500gr-nya, kamu perlu menghabiskan uang sebanyak Rp4.5 juta. Sedangkan untuk daging Wagyu A5, kamu akan dikenakan Rp7 juta - Rp14 juta untuk 1kg-nya.

Berbeda jauh dengan harga sapi biasa yang sering kita makan bukan? Namun, daging ini memiliki cita rasa luar biasa karena teknik khusus yang dilakukan oleh para peternaknya.

Penasaran dengan bagaimana teknik khusus yang dilakukan oleh para peternakan hingga dapat menciptakan daging Wagyu berharga mahal ini? Baca selengkapnya di sini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id