sign up SIGN UP

LIFE

Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona, Apa Itu Social Distancing?

Retno Wulandari | Senin, 16 Mar 2020 07:00 WIB
Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona, Apa Itu Social Distancing?
caption
Meningkatnya kasus virus corona di Indonesia membuat pemerintah akhirnya melakukan berbagai macam cara untuk menangani pandemi ini. Salah satu cara yang perlu diterapkan oleh warga Indonesia ialah social distancing. Kira-kira apa ya arti dan manfaat dari social distancing ini? Nah, untuk lebih jelas lagi, simak artikel ini ya, Ladies!
Foto: Istimewa

Ladies, virus corona atau COVID-19 sudah ditetapkan sebagai pandemi. Di Indonesia, jumlah orang yang terjangkit virus terus bertambah, hal ini disampaikan langsung oleh Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona. Achmad Yurianto mengatakan sudah ada 117 orang yang positif terjangkit COVID-19.

Meskipun jumlah orang yang terjangkit COVID-19 terus bertambah, hingga sampai saat ini pemerintah Indonesia belum menetapkan status lockdown atau mengunci suatu kawasan untuk mencegah aktivitas keluar masuk sebagai cara mengatasi penyebaran virus corona.


Foto: https://www.instagram.com/aniesbaswedan/

Namun, tindakan lain justru dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Secara tegas, Anies menghimbau seluruh aktivitas pendidikan diliburkan selama 2 minggu. Selain itu, Anies juga menghimbau warga DKI Jakarta untuk menerapkan social distancing measure sebagai cara lain untuk mencegah virus corona selain rajin mencuci tangan dan menjaga kesehatan.


Foto: Istimewa

Saat ini, istilah social distancing pun menjadi perbincangan seluruh masyarakat Indonesia. Kebanyakan di antara mereka belum mengerti makna dan manfaat dari social distancing itu sendiri. Berdasarkan sumber dari Detik.com arti dari social distancing jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai menjaraki sosial.

Sedangkan secara istilah, social distancing adalah tindakan non-farmasi untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular. Sederhananya, social distancing adalah cara yang diterapkan seseorang untuk membatasi interaksi sosialnya dengan tujuan tertentu.


Foto: Istimewa

Social distancing ini tidak hanya bertujuan untuk mencegah seseorang terpapar oleh penyakit tapi juga menghindari pasien menularkan kepada orang lain. Cara ini dinilai paling efektif untuk penyakit-penyakit yang bertransmisi melalui droplet, seperti batuk dan bersin yang juga bagian dari kasus virus corona. Social distancing ini sudah berhasil diterapkan dalam mengatasi kasus pandemi pada 1918, yakni kasus flu virus H11N1 di AS.


Foto: Istimewa

Beberapa cara social distancing yang telah dihimbau oleh Anies Baswedan seperti melakukan kegiatan belajar dari jarak jauh dan bekerja dari rumah. Untuk pertemuan yang tidak bisa ditunda seperti rapat penting untuk mengambil keputusan, social distancing bisa dilakukan dengan cara menghindari kontak fisik seperti tidak bersalaman. Selain itu, kegiatan atau acara yang mengundang banyak masa seperti acara musik dan pertandingan olahraga juga telah dibatalkan.

Efek dari social distancing ini bisa menyebabkan tingkat interaksi sosial dengan orang lain akan berkurang dan bisa menghambat produktivitas yang mempengaruhi sektor bisnis. Meskipun begitu, dengan kondisi yang seperti ini, social distancing memang perlu dilakukan agar mengurangi risiko terkena virus corona.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id