sign up SIGN UP

LIFE

Gak Bikin Mual, Resep Spagetti Aglio O Lio tapi Creamy

Wandha Kusuma | Rabu, 21 Oct 2020 11:00 WIB
Gak Bikin Mual, Resep Spagetti Aglio O Lio tapi Creamy
caption

Makanan yang itu saja terkadang membuat bosan. Adapun saat-saat kita tidak ingin makan makanan yang terlalu berat seperti nasi, tapi tak terlalu ringan juga seperti snack. Buat pecinta pasta, ada resep untuk kamu yang suka dengan spagetti.

Nah, resep kali ini membuat kamu seperti makan spagetti aglio o lio, tapi ada rasa creamy yang tidak akan membuat kamu mual. Ikuti step by stepnya ya!

Bahan

ilustrasi bahan
Bahan-bahan/Sumber: Freepix.com/annabogush
  • 2-3 porsi spagetti
  • 2 sdm mentega
  • 1/2 bawang bombay
  • 4 siung bawang putih
  • Udang/ham/sosis secukupnya
  • 100 ml susu
  • 50 gr keju quick melt
  • garam, gula, lada
  • 3 sdm saus sambal
  • 1 sdm tepung maizena
  • Oregano
  • Potongan cabai

Cara Membuat Bumbu/Saus

Memasak saus spagetti
Memasak saus spagetti/Sumber: Freepix/cook

Sebelum merebus spagettinya, disarankan untuk membuat bumbu atau sausnya terlebih dahulu.

  1. Lelehkan 2 sdm mentega ke dalam frying pan. Kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang. Setelah menumis akan tercium wangi dari bawang yang dimasukkan tadi.
  2. Masukkan topping yang sudah kamu siapkan, ke dalam frying pan. Ada berbagai topping, kali ini yang digunakan potongan ham dan sosis. Banyaknya topping bisa kamu sesuaikan dengan keinginan, pilihannya juga sesuai selera saja bisa udang, bakso, tuna atau daging cincang.
  3. Masukkan 100 ml susu lalu aduk sebentar.
  4. Masukkan 3 sdm saus sambal, aduk merata. Kalian juga boleh mengganti saus sambal dengan saus tomat apabila tidak suka ya.
  5. Masukkan 50 gr keju yang sudah diparut. Tekstur sausnya akan berubah menjadi sedikit lebih kental karena kejunya yang larut.
  6. Masukkan bumbu-bumbu seperti garam, lada, dan gula secukupnya.
  7. Terakhir, masukkan 1 sendok tepung maizena untuk membuat sausnya lebih kental.

Kalau sudah di step ini aduk terus sausnya hingga tepung maizena. Disini kalian juga bisa mencicipi rasa yang sesuai selera. Setelah dirasa tepung dan seluruh bahan tercampur dan rasanya sudah pas, matikan api.

Tekstur saus yang dibuat ini kalau sudah lebih dingin akan berubah menjadi lebih kental. Jadi, jangan khawatir karena spagetti kamu tidak akan creamy berlebihan.

Cara Membuat Spagetti

creamy spagetti
Creamy spagetti/Sumber: Freepix.com/spagetti

Sembari menunggu tekstur saus lebih kental, rebus spagetti sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Nah, saat merebus spagetti bisa tambahkan garam di airnya agar memberi rasa. Setelah spagetti matang sesuai selera, siapkan wajan atau pan untuk mengombinasikan keduanya.

  1. Oseng bawang putih dan bawang bombay secukupnya, tapi kalau tidak terlalu suka bawang bisa langsung masukkan saus yang sebelumnya sudah dibuat. Banyaknya saus juga sesuai selera, jadi kalau tidak terlalu suka creamy bisa sedikit saja.
  2. Spagetti yang sudah jadi bisa dimasukkan ke dalam saus agar rasa dari bumbunya juga merata.
  3. Kalau suka pedas, bisa tambahkan potongan cabai.

Jadi deh, spagetti aglio o lio yang creamy-nya pas! Nah, untuk kamu yang sudah pernah mencoba resep ini, boleh kasih komentar di bawah ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id