sign up SIGN UP

LIFE

Ganti Gula Pasirmu dengan Bahan-bahan Alami Ini dalam Menu Diet

Nisrina Salsabila | Rabu, 18 Nov 2020 19:15 WIB
Ganti Gula Pasirmu dengan Bahan-bahan Alami Ini dalam Menu Diet
caption
Jakarta -

Manisnya gula pasir ternyata tidak semanis efeknya, loh, Ladies! Alasannya, gula pasir yang dibuat dari pohon tebu ini memiliki indeks glikemik yang tinggi, dengan kata lain cepat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

Untuk menghindari risiko tersebut, kamu bisa mengganti gula pasir dengan bahan pemanis lainnya. Nah, alangkah lebih baik kamu memilih pemanis alami, ya, dibandingkan pemanis buatan/sintetis.

Biar kamu nggak bingung lagi, nih, Beautynesia bagikan bahan-bahan alami pengganti gula pasir yang tak kalah manisnya dan juga lebih sehat. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet dan penderita diabetes, rekomendasi ini akan sangat cocok untukmu!

1. Gula Aren

bahan alternatif pengganti gula pasir
Gula aren/Foto: Pinterest

Gula aren seringkali menjadi opsi pengganti gula pasir. Berbeda dari gula pasir yang berasal dari tebu, gula aren terbuat dari sari/nira pohon aren, tanaman dari keluarga palem.

Eits, gula aren ini berbeda, ya, dari gula merah/gula jawa yang berasal dari nira kelapa. Rasanya sendiri seperti rasa karamel yang ringan juga ada rasa manis dan wangi yang khas.

2. Madu

bahan alternatif pengganti gula pasir
Madu/Foto: Pexels

Meski rasanya lebih manis 25% dibandingkan gula pasir, nyatanya madu memiliki kadar glukosa yang lebih rendah. Madu mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik.

Bahan yang juga kerap digunakan dalam produk perawatan tubuh ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan, antara lain sebagai antioksidan alami, anti inflamasi, anti bakteri, serta berdampak positif bagi saluran pencernaan, pernapasan, kardiovaskular, dan sistem saraf.

3. Kismis

bahan alternatif pengganti gula pasir
Kismis/Foto: www.unsplash.com

Bahan yang berasal dari buah anggur yang dikeringkan ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh sebab mengandung antioksidan, serat, dan sebagai pengganti energi yang baik.

Untuk memanfaatkan rasa manisnya, blender kismis hingga halus atau langsung campurkan ke bahan makanan. Tipsnya, kamu bisa memilih jenis kismis yang rasanya manis, seperti sultana, currants, kismis simin, kismis hitam, kismis merah, dan kismis minda.

4. Buah-buahan

bahan alternatif pengganti gula pasir
Buah-buahan/Foto: www.unsplash.com

Manfaatkan pemanis alami dari buah-buahan. Pilihlah buah apel, mangga, pisang, anggur, berries, nanas, ceri, dan lain-lain. Caranya, kamu bisa memotong buah-buahan sesuai selera untuk dicampurkan ke dalam masakanmu, khususnya seperti puding.

Bisa juga buahnya kamu haluskan terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa manisnya saja tanpa bentuk asli dari buah tersebut.

5. Stevia

bahan alternatif pengganti gula pasir
Stevia/Foto: Pinterest

Pemanis dari daun stevia pertama kali ditemukan di Jepang. Stevia ternyata memiliki keunggulan yang lebih menonjol dibandingkan gula pasir, loh! Sebab, stevia memiliki 0% kalori alias bebas kalori serta dianggap 200 kali lebih manis daripada gula pasir dalam takaran yang sama.

Hal ini menjadikan stevia banyak dilirik oleh para penderita diabetes atau yang sedang diet sebagai pengganti gula pasir.

6. Kurma

bahan alternatif pengganti gula pasir
Kurma/Foto: Pinterest

Buah yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah ini terkenal akan rasa manisnya yang legit dan sebagai sumber nutrisi yang sangat baik. Tak heran, kurma banyak beredar di kala bulan puasa tiba sebagai salah satu sajian berbuka puasa.

Kamu bisa membuat pasta kurma dengan merendam kurma dalam air panas sampai menjadi lunak. Setelah itu, blender halus kurma yang direndam tersebut dengan sedikit air.

7. Sirup Maple

bahan alternatif pengganti gula pasir
Sirup maple/Foto: Pexels

Sirup maple adalah cairan kental yang dibuat dengan merebus getah yang dikumpulkan dari pohon maple. Sirup maple memiliki jumlah sukrosa yang lebih sedikit daripada madu. Tambahkan sirup maple ke dalam makanan manis dan gurihmu, seperti teh, oatmeal, pancake, yogurt tawar, adonan kue, sayuran, ayam atau salad.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id