sign up SIGN UP

LIFE

Hati-hati, Ini 5 Makanan yang Bikin Asam Urat Naik dan Picu Nyeri Sendi

Dian Aprilia | Senin, 07 Jun 2021 08:00 WIB
Hati-hati, Ini 5 Makanan yang Bikin Asam Urat Naik dan Picu Nyeri Sendi
Seafood/ foto: pexels.com

Asam urat adalah gangguan yang menyerang bagian sendi akibat tingginya kadar asam urat dalam darah. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang tak tertahankan di area persendian, seperti jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki.

Cara mengobati asam urat ialah dengan mengonsumsi obat pereda sakit dan obat golongan steroid serta menempelkan kantung atau kain berisi es di bagian sendi yang sakit. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 makanan yang bikin asam urat naik dan memicu nyeri sendi:

Jeroan

Bagi yang doyan dengan jeroan, seperti hati, usus, jantung, otak ampela, paru, dan lainnya tentu akan merasa tersiksa jika mengidap asam urat. Sebab jeroan termasuk pantangan yang harus dihindari pasien asam urat.

Sebab jeroan mengandung kadar purin yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan serangan gout. Purin merupakan zat alami yang terkandung di tubuh mahkluk hidup. Saat banyak mengonsumsi purin maka semakin banyak pula produksi asam urat yang berperan untuk memecah zat tersebut.

Makanan Laut

Makanan laut
Makanan laut/pexels.com

Makanan laut yang bisa picu asam urat ialah ikan teri, kerang, sarden dan tuna. Seafood juga termasuk makanan yang mengandung purin yang tinggi. Namun jika pengidap asam urat ingin mengonsumsi makanan laut, kamu bisa konsumsi ikan-ikan yang cenderung aman. Seperti salmon, ikan lele, kakap merah, ikan nila dan lain sebagainya. Pastikan konsumsi seafood dalam porsi yang wajar dan sesuai kebutuhan.

Daging Merah dan Olahan

Daging merah
Daging merah/pexels.com

Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba memiliki kadar purin yang tinggi. Sementara daging bebek tergolong daging yang memiliki purin sedang. Daging unggas memiliki kadar purin yang cukup tinggi, seperti daging kalkun dan daging angsa. Untuk itu kamu perlu batasi konsumsi daging merah agar nggak bikin asam urat kambuh.

Alkohol

Alkohol
Alkohol/pexels.com

Selanjutnya, alkohol juga rentan picu asam urat. Diketahui alkohol mengandung purin yang cukup banyak. Selain itu alkohol juga bisa meningkatkan metabolisme nukleotida yang merupakan sumber purin tambahan. Jumlah purin yang banyak tersebut akan memicu asam urat. Untuk itu sebaiknya hindari konsumsi alkohol karena selain memicu asam urat juga memicu berbagai penyakit lainnya seperti hepatitis, sirosis, kanker dan lainnya.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda
Minuman bersoda/pexels.com

Selain alkohol, minuman bersoda juga rentan bikin asam urat kambuh. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang cukup tinggi. Fruktosa yang tinggi dalam minuman bersoda bisa menghasilkan purin. Untuk itu, minuman bersoda perlu dihindari oleh pengidap asam urat.

Itulah 5 makanan yang bisa menyebabkan asam urat dan picu gejala nyeri sendi. Jika terpaksa atau ingin mengonsumsinya, sebaiknya batasi porsinya agar tidak berlebihan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id