sign up SIGN UP

LIFE

Inilah 9 Hidangan Khas Ramadan dari Seluruh Dunia, Tertarik Mencicipinya?

Anastasia Martina | Selasa, 27 Apr 2021 18:00 WIB
Inilah 9 Hidangan Khas Ramadan dari Seluruh Dunia, Tertarik Mencicipinya?
caption

Waktu buka puasa menjadi momen yang paling dinanti para umat Muslim untuk melepas dahaga dan mengisi perut dengan makanan yang lezat. Biasanya saat berbuka, kita akan disuguhkan beragam hidangan yang nikmat. Nah, kali ini Beautynesia mau ajak kamu keliling dunia untuk mencicipi makanan khas Ramadan. Apakah Ladies sudah siap? Yuk, kita simak selengkapnya melalui artikel ini!

Pide – Turki

pide turki
pide turki/sumber foto: realfood.tesco.com

Kalau dilihat sekilas, makanan khas Turki ini berbentuk mirip pizza, ya, Ladies. Bedanya. adonan pide dibentuk seperti perahu. Pide dijadikan menu pilihan untuk berbuka puasa oleh warga Turki. Pide terbuat dari adonan tepung yang dipanggang dalam oven batu. Kemudian, di atasnya diberi topping sosis, sayuran, dan daging. Hmm...kedengaran lezat, ya?

Dolma – Armenia

dolma armenia
dolma armenia/sumber foto: kitchenstories.com

Dolma merupakan panganan nasi yang digulung di dalam daun anggur dan dikukus. Di dalamnya, kita bisa menemukan isian sayur, paprika, bawang bombay, zucchini, terong, bawang putih, dan daging.

Dolma juga disajikan dengan yogurt tawar yang dicampur dengan bumbu-bumbu, seperti garam, merica, dan bawang putih sebagai saus pelengkapnya. Terdapat dua jenis dolma, dolma daging yang disajikan hangat dan dolma sayuran yang disajikan dingin.

Fattoush – Lebanon

fattoush lebanon
fattoush lebanon/sumber foto: laaloosh.com

Fattoush bisa dibilang sebagai pilihan makanan berbuka puasa yang sehat karena makanan ini merupakan salad sayuran yang disajikan dengan roti pita. Makanan khas Lebanon ini dibuat dengan bumbu khas Timur Tengah yang disebut sumac. Sumac merupakan rempah yang berasal dari tanaman berbunga berwarna merah.

Kemudian, buahnya dikeringkan dan dijadikan bentuk bubuk. Sumac biasa dipakai dalam masakan khas Timur Tengah. Bubuknya berwarna ungu kemerahan dan rasanya segar. Ladies tertarik mencoba fattoush?

Qatayef – Yordania

qatayef yordania
qatayef yordania/sumber foto: amiraspantry.com

Berikut ini ada camilan berbuka puasa khas Yordania, yaitu qatayef. Qatayef terbuat dari adonan tepung terigu digoreng. Lalu, di atasnya ditaruh kacang-kacangan, seperti walnut, pistachio, almond, hazelnut, dan kismis.

Agar rasanya semakin lezat, qatayef disiram dengan madu atau sirup panas. Yang spesial, camilan ini hanya disajikan di bulan Ramadan saja. tak hanya di Yordania, qatayef juga merupakan penganan favorit di negara lainnya, seperti Mesir, Irak, dan Palestina.

Harira Soup – Maroko

harira soup maroko
harira soup maroko/sumber foto: fusioncraftiness.com

Harira merupakan sup dengan kuah kental yang terbuat dari kacang, beras, buncis, tomat, dan kacang lentil. Sup khas Maroko ini bisa disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama. Harira biasanya dimakan bersama daging dan kue chebakia yang beraroma madu.

Bubur lambuk – Malaysia

bubur lambuk malaysia
bubur lambuk malaysia/sumber foto: asian food network

Negara tetangga kita, Malaysia juga punya bubur khas yang disebut bubur lambuk. Bubur ini memiliki aroma yang khas karena dibuat menggunakan banyak rempah, seperti jintan putih, cengkeh, dan kulit kayu manis. Bubur lambuk dilengkapi dengan topping daging cincang, lobak dan udang kering. Rasanya yang gurih dan hangat cocok banget dihidangkan saat buka puasa.

Haleem – India

haleem
haleem/sumber foto: recipes.timesofindia.com

India memiliki panganan bubur yang kerap dihidangkan saat bulan Ramadan, yaitu haleem. Bubur haleem terbuat dari gandum dan direbus dengan kunyit dan kapulaga selama 12 jam. Kelezatan rempah dan topping daging dombanya sudah pasti bikin lidah bergoyang!

Luqaimat – Arab Saudi

luqaimat arab saudi
luqaimat arab saudi/sumber foto: munatycooking.com

Selanjutnya ada luqaimat atau kue bulat goreng manis khas Arab Saudi. Luqaimat menjadi dessert yang populer di bulan Ramadan karena rasanya yang manis dan gabungan tekstur yang renyah dan lembut. Siraman saus kurma di atasnya memperkaya rasa luqaimat ini. Nikmat!

Shorbat adas – Palestina

shorbat adas palestina
shorbat adas palestina/sumber foto: norecipes.com

Terakhir ada shorbat adas yang merupakan makanan buka puasa yang populer di Palestina. Shorbat adas terbuat dari kacang lentil, bawang dan minyak zaitun. Shorbat adas disajikan dengan roti pita sebagai pelengkap.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id