sign up SIGN UP

LIFE

Waspada, Ini 5 Pantangan Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Kolesterol

Dian Aprilia | Minggu, 25 Apr 2021 17:00 WIB
Waspada, Ini 5 Pantangan Menu Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Kolesterol
caption

Penderita kolesterol termasuk pasien yang perlu mengontrol pola makan dan asupan makanan. Sebab pola makan dan asupan makanan yang tepat bisa membuat kadar kolesterol menjadi menurun dan bahkan stabil. Sebaliknya jika abai maka bisa meningkatkan kadar kolesterol dan memicu berbagai macam penyakit. Seperti jantung koroner, stroke, penyakit arteri perifer, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Di momen bulan Ramadan ini, penderita diabetes perlu untuk memperhatikan menu sahur dan buka puasa agar kadar kolesterol bisa menurun atau setidaknya stabil. Berikut beautynesia.id merangkum 5 pantangan menu sahur dan buka puasa untuk penderita kolesterol:

Gorengan

Gorengan
Gorengan/pexels.com

Gorengan sering menjadi menu takjil yang selalu ada di rumah. Mulai dari pisang goreng, tahu isi, lumpia, bakwan, dan berbagai macam lainnya. Selain mudah dan murah, gorengan memang sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dan gurih.

Meski begitu, penderita kolesterol harus menghindari gorengan, sebab makanan ini mengandung kolesterol yang tinggi. Gorengan juga mengandung tinggi kalori serta lemak trans yang bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskular.

Junk Food

Jun food
Junk food/pexels.com

Meski jarang nongkrong dengan teman saat bulan Ramadan, tetapi junk food sering menjadi andalan saat buka puasa. Entah untuk sekedar camilan, atau memang menjadi hidangan utama buka puasa. Junk food sering dijadikan reward yang nikmat setelah berpuasa seharian.

Makanan junk food yang sering dikonsumsi adalah burger, pizza, ayam goreng, kentang goreng, es krim dan berbagai macam lainnya. Junk food termasuk pantangan penderita kolesterol, sebab mengandung tinggi lemak jahat, karbohidrat, dan juga gula.

Jeroan

Siapa nih yang suka sekali makan jeroan? Bagi sebagian orang, jeroan terkesan menjijikkan dan bahkan memiliki rasa yang kurang enak. Namun bagi sebagian yang lainnya, malah menempatkan jeroan sebagai deretan makanan terenak dan terfavorit. Sebab memiliki rasa yang unik, gurih, dan juga tekstur yang beraneka ragam. Diantaranya adalah hati, otak, usus, ampela, paru, jantung dan berbagai macam lainnya.

Makanan ini termasuk pantangan penderita kolesterol, sebab jeroan efektif meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh sebab itu, penderita kolesterol tinggi dianjurkan untuk menghindari jeroan, dan mengonsumsi daging yang cenderung lebih aman.

Daging Olahan

Sosis
Sosis/pexels.com

Tak hanya itu, daging olahan seperti sosis, bacon, ham, daging asap, nugget juga tergolong pantangan orang yang memiliki kolesterol tinggi. Sebab konsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan penyakit jantung dan kanker. Oleh sebab itu, hindari konsumsi daging olahan dalam berbagai bentuk seperti di atas. Kamu bisa mengganti asupan protein dengan protein nabati seperti tempe, tahu, dan lainnya.

Seafood

Seafood
Seafood/pexels.com

Terakhir, makanan yang mengandung kolesterol tinggi lainnya adalah seafood. Udang dan cumi tergolong jenis seafood yang memiliki kadar kolesterol paling tinggi. Oleh sebab itu, penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari konsumsi berbagai jenis makanan seafood demi menjaga kestabilan kolesterol dalam tubuh.

Itulah 5 pantangan menu sahur dan buka puasa untuk penderita kolesterol tinggi. Sebaiknya ganti menu tersebut dengan makanan rendah kalori dan juga rendah kolesterol.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id